MUTIARA HIKMAH (25) RAHASIA SUKSES MENDIDIK MENURUT KI HAJAR DEWANTARA Oleh : Abu Akrom

MUTIARA HIKMAH (25) RAHASIA SUKSES MENDIDIK MENURUT KI HAJAR DEWANTARA Oleh : Abu Akrom

Hari ini, Sabtu, 2 Mei 2020 adalah hari yang sangat istimewa bagi bangsa Indonesia yaitu memperingati hari pendidikan nasional. Biasanya di semua sekolah dan perguruan tinggi mengadakan upacara bendera yang berlangsung sangat khidmat dengan mendengarkan pidato amanat dari Pembina upacara. Untuk tahun ini upacara memperingati hardiknas tersebur tidak dilaksanakan berkenaan adanya wabah virus corona atau covid 19.

Dalam pidato amanat dari Pembina upacara yang disampaikan adalah hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan dengan mengacu pada konsep mendidik yang telah digagas oleh Bapak Pendidikan Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantara. Ada 3 konsep sukses mendidik yang sangat terkenal yang beliau sampaikan dan sangat layak diterapkan dalam dunia pendidikan yaitu :

Pertama, Ing ngarsa sung tulada (di depan memberi teladan).

Seorang pendidik yang bijak itu hendaknya mampu menjadi teladan dalam semua perilaku kehidupannya. Inilah diantara rahasia terbesar seorang pendidik yang menginginkan peserta didiknya sukses menjadi insan yang berkarakter mulia yang senantiasa menghiasi hidupnya. Bagaimana mungkin para peserta didik dapat meneladani pendidiknya, apabila seorang pendidik tidak berperilaku dengan sifat yang mulia, baik dalam ucapan maupun perbuatannya.

Apabila ada peserta didik melakukan perbuatan yang negative, jangan buru-buru menyalahkannya, barangkali semua itu terjadi karena minimnya keteladanan dari para pendidik itu sendiri. Jadi keteladanan itu amat sangat penting dimiliki bagi semua pendidik yang ada di Indonesia ini, baik itu pendidik yang berkiprah di jalur formal maupun non formal, mulai dari tingkat pendidikan anak usia dini sampai perguruan tinggi, mulai dari kursus, seminar dan pengajian di tengah-tengah masyarakat.

Kedua, Ing madya mangun karsa (di tengah memberi kesempatan untuk berkarya).

Seorang pendidik tidak hanya mentransfer ilmu, tapi memberikan seluas-luasnya kepada para peserta didik untuk menuangkan karya sesuai dengan bakatnya masing-masing. Seorang pendidik yang hebat itu tidak hanya mengajar teori, lebih dari itu menunjukkan bagaimana praktiknya agar peserta didik dapat mengalami langsung proses pendidikan yang mengembangkan karya nyata, demi mempersiapkan diri agar menjadi pribadi yang mandiri, teramapil dan produktif suatu hari nanti ketika berkiprah di tengah-tengah kehidupan.

BACA JUGA  SYAIR INSPIRATIF (26) MAKNA HALAL BIHALAL Oleh : Abu Akrom
BACA JUGA  Prof Harapandi :6 hari = 60 tahun

Ketiga, Tut wuri handayani (dari belakang memberi dorongn dan arahan).

Seorang pendidik selalu memberikan dorongan, bimbingan, arahan, nasehat dan motivasi agar para peserta didik memiliki semangat yang tinggi dalam belajar, baik belajar yang bersifat teoritis melalui buku-buku yang diperlukan atau belajar yang bersifat praktis dalam bentuk aplikatif di dunia nyata, dengan mengamati aneka macam peristiwa seperti terjadinya siang dan malam, berbagai fenomena alam, kehidupan aneka tumbuh-tumbuhan, binatang dan kehidupan manusia dengan segala masalah yang dihadapi. Dengan cara ini para peserta didik dapat menggerakkan segala potesni yang dimiliki, sehingga menemukan berbagai macam penemuan yang mengagumkan untuk kemaslahatan hidup manusia.

Itulah tiga konsep sukses yang sangat penting seorang pendidik menurut konsep pendidikan yang telah diwariskan oleh Bapak Pendidikan Indonesia, KI Hajara Dewantara. Ketiga konsep ini walaupun terlihat sederhana, namun sangat relevan dan dahsyat hasilnya, apabila di aplikasikan oleh seluruh pendidik yang ada di Indonesia. Sehingga tercapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3, tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Atas nama pimpinan dan crew media Sinar5News.com, mengucapkan selamat memperingati hari pendidikan nasional Republik Indonesia tahun 2020.

Bekasi, 9 Ramadhan 1441 H/2 Mei 2020 M.

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA