Mengenal 7 Pengikut Dajjal di Akhir Zaman

Mengenal 7 Pengikut Dajjal di Akhir Zaman

Dalam dunia ini, setiap manusia pasti akan mengalami yang namanya kematian. Beberapa diantaranya ada yang takut akan kematian tetapi ia peduli akan hal itu dan ada yang takut akan kematian tapi seolah olah meremehkannya.

Makna dari takut akan kematian tetapi peduli ialah seperti halnya seseorang yang mengetahui bahwa dirinya dikemudian hari pasti akan mengalami kematian namun ia terus menambahkan dan menebalkan imannya untuk terus beribadah dan taat kepada Allah SWT dengan menjauhi segala larangan dan mengerjakan segala perintah yang telah diberikan. Karena sejatinya Islam itu mudah dan indah.

Namun sebaliknya lain lagi dengan orang yang mengetahui bahwa ia akan mengalami yang namanya kematian namun ia meremehkannya.

Seperti halnya seorang yang hidup di dunia ini, ia mengetahui bahwa nantinya akan mengalami kematian namun ia seolah-olah biasa saja ,ia menjalani kehidupannya seperti layaknya orang normal yaitu makan, tidur ,melakukan segala aktivitas lainnya namun ia tidak menjalankan perintah-Nya. hanya satu atau dua kali saja ia memenuhi panggilan dan seruan Allah SWT yakni pada saat Hari Raya Idul Adha dan Hari Raya Idul Fitri.

Naudzubillah… Semoga kita dijauhkan dari tipe manusia yang seperti itu, dan semoga kita semua senantiasa menjalani perintah-Nya dan menjauhi segala Larangan-Nya. Aamiin…..

Di akhir Zaman nanti atau datangnya hari akhir nanti akan muncul tanda-tanda yang sangat mengerikan. Salah satunya adalah munculnya makhluk yang mengerikan yaitu Dajjal.

Pada saat Dajjal turun ke muka bumi ini ,nantinya ia akan dibunuh oleh Nabi Isa As. Namun sebelum ia dibunuh , ia memiliki pengikut yang setia. Siapa saja pengikutnya itu? Berikut 7 pengikut Dajjal di Akhir Zaman :

BACA JUGA  Warisan Dunia

Pertama : Orang – Orang Yahudi.

Terkait hal ini, Anas bin Malik meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu A’laihi Wasallam bersabda bahwa kelak dajjal aman diikuti oleh tujuh puluh ribu orang yahudi dari isfahan (sekarang masuk wilayah Iran) yang memakai baju tebal berjahit (HR. Muslim)

Kedua : Kelompok – Kelompok Menyempal dan Khawarij.

Menurut riwayat Ibju Majah, Nabi bersabda bahwa akan tumbuh pemuda yang fasih baca Al-Qur’an tapi hanya sampai kerongkongan. Setiap kali sekelompok dari mereka muncul, maka pantas dihancurkan. Kemunculannya lebih dari dua puluh kali hingga sampai kedatangan dajjal.

BACA JUGA  Buletin Jum'at HAMZANWADI Edisi-06

Ketiga : Pelaku Bid’ah dan Kesesatan.

Hudzaifah radhiyallahu anhu pernah mendengar sabda Rasulullah Shallallahu alahi wassalam, bahwa setiap umat ada majusinya atau orang-orang yang tidak percaya takdir. Kalau berjumpa dengan orang yang semacam ini, maka Rasulullah Shallallahu alahi wassalam melarang untuk menghadiri jenazahnya dan membesuknya di kala sakit karena mereka adalah pengikut Dajjal.

Keempat : Kaum Wanita

Kelak di akhir zaman berdasarkan riwayat Ahmad, kebanyakan yang terpengaruh dengan fitnah Dajjal adalah para wanita. Sampai-sampai ada yang mengikat istri, ibu, putri, saudara perempuannya agar tidak keluar termakan fitnah Dajjal.

Kelima : Setan

Dalam hadist riwayat Amru bin Ash radhiallahu anhu, disebutkan sabda Rasulullah Muhammad Shallallahu alahi wassalam, bahwa di laut ada setan-setan yang dipenjara oleh Nabi Sulaiman yang kelak akan keluar membacakan sesuatu kepada umat manusia (HR. Muslim). Kemungkinan keluarnya setan-setan ini adalah menjelang atau saat Dajjal muncul. Dalam sebagian riwayat disebutkan bahwa kelak setan-setan akan berjalan di bagian depan Dajjal yang menyerukan fitnahnya di berbagai negara dan kota yang dmasuki Dajjal.

Keenam : Tukang Sihir

Berdasarkan penelitian Dr. Mubayyadh, di sebagian riwayat, ada yang menunjukkan bahwa tukang sihir (dukun dan sejenisnya_red) kelak menjadi pengikut Dajjal. Mereka berjalan di depan Dajjal dengan kebohongan dan dusta yang dibuat untuk menyebarkan fitnah Dajjal.

BACA JUGA  Saat Rasulullah SAW Bercanda

Ketujuh : Pengikut Hawa Nafsu
Pengikut Dajjal yang lain adalah mereka yang tahu bahwa Dajjal itu dusta, namun mereka tak kuat bersabar menahan fitnahnya. Abu Nu’aim meriwayatkan dari Ubaid bin Umar al-Laitsi, bahwa ketika Dajjal keluar, salah satu yang mengikutinya adalah orang-orang uang mengetahui Dajjal adalah kafir tapi mereka tetap ikut karena ingin memakan makanannya serta kebutuhan lainnya. Ketika murka Allah turun, maka mereka juga terkena imbasnya.

Wallahu a’lam bishowab

Semoga bermanfaat.

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA