Masjid Al-Abror Ponpes NW Gabus Gelar Sholat Jum’at Perdana

Masjid Al-Abror Ponpes NW Gabus Gelar Sholat Jum’at Perdana

Sinar5news.com – Bekasi – Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan Cabang Gabus, Bekasi dibawah pimpinan Ayahanda TGKH. Muhammad Suhaidi S.Q bekerja sama kepada Bekerjasama dengan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Gabus Gedong dan DKM Ar-Raudhah Perumahan Pelisia menggelar Sholat Jum’at bersama di Masjid Al-Abror Ponpes NW Gabus.

Sholat Jum’at perdana tersebut akan berlangsung pada Jum’at (05/05/2023) yang berlokasi di Kp. Gabus Ujung Rt.004/005 Sri Mukti Kec. Tambun Utara Bekasi.


Petugas yang akan memimpin berjalannya sholat Jum’at perdana tersebut diantaranya ialah Khotib Oleh Ustad Ahmad Nursin, Imam Sholat Jum’at Ayahanda TGKH. Muhammad Suhaidi, S.Q dan muadzin Ustad Yahya.

Dalam beberapa ayat Al-Quran menjelaskan beberapa kepentingan sholat Jum’at seperti halnya dalam surat al-jumuah ayat 9 yang berbunyi :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan sholat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Melalui surat Al Jumuah ayat 9 ini Allah SWT menerangkan bahwa ketika adzan sudah berkumandang, maka umat Islam laki-laki hendaklah meninggalkan perniagaan dan segala urusan dunia. Selanjutnya berangkat ke masjid untuk mendengarkan khutbah Jumat dan sholat Jumat.

Hendaklah ketika berangkat ke masjid untuk sholat Jumat dengan cara wajar, tidak tergesa-gesa. Melainkan dengan cara wajar, tidak berlari-lari. “Tetapi berjalan dengan tenang sampai ke masjid,” begitu ditulis dalam tafsir Surat Al Jumuah ayat 9 dalam laman Kemenag RI.

Diriwayatkan dalam hadits riwayat Imam al Bukhari dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila sholat telah diikamahkan, maka janganlah kamu mendatanginya dengan tergesa-gesa. Namun datangilah sholat dalam keadaan berjalan biasa penuh ketenangan. Lalu, berapa rakaat yang kamu dapatkan maka ikutilah, sedangkan rakaat yang ketinggalan maka sempurnakanlah.”

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA