Kisah Inspiratif : -20- Nabi Yahya bin Nabi Zakaria Dialog dengan Iblis

Kisah
Kisah
banner post atas

Diceritakan bahwa pada suatu hari Nabi Allah Yahya ibn Nabi Zakaria bertemu dengan iblis ditangannya membawakunci gembok besar, Nabi Yahya bertanya kepadanya; “apa yang engkau bawa ini, iblis menjawab ini adalah syahwat-syahwat yang aku dapatkan dari menipu Bani Adam. Yahya berkata, apakah aku termasuk di dalamnya, iblis berkata engkau tidak termasuk dari Bani Adam yang dapat aku tipu, melainkan, pada suatu malam, engkau pernah merasa kekenyangan akibat makanan dan sebab itulah engkau merasa berat dalam beribadah. Yahya berkata, kalau demikian berarti aku bersumpah tidak akan pernah kenyang setelah ini. Iblis berkata, sejak saat ini aku tidak akan pernah memberikan nasihat kepada anak Adam untuk selamanya.

Coba bayangkan Nabi Allah Yahya adalah nabi yang tidak pernah merasakan kekenyangan dalam hidupnya terkecuali hanya satu malam saja. Bagaimana dengan kita yang tidak pernah merasa lapar, bagaimana mungkin ibadah yang kita lakukan akan terjaga?.

Dalam kisah lain Yahya bin Zakaria ‘Alaihimassalam pernah merasa kekenyangan akibat makan roti gandum, dan pada malam itu beliau tertidur dalam tiada membaca amalan wiridnya, kemudian Allah mewahyukan kepadanya; “Wahai Yahya apakah ada rumah lebih baik daripada rumahku? Atau engkau telah dapatkan jiran (tetangga) lebih baik dari diriku?, demi kekuasaan dan keagunganku, jika engkau melihat ke dalam Surga Firdaus dan Neraka Jahanam, maka pastilah engkau menangis dengan tangisan yang tidak henti-hentinya karena takut tidak akan dapat masuk ke dalamnya dan engkau akan memakai baju besi dari neraka.

Iklan

Allahu Akbar Wa Lillahil Hamd, hanya kenyang satu kali dan tertidur sebelum membaca amalan wirid Nabi Yahya ditegur dan diberikan amaran yang super dahsyat yakni tidak masuk surga firdaus dan sebaliknya akan memakai pakain besi di dalam neraka. Bagaimana dengan kita, kenyang terus tak pernah lapar, sekalipun kita dalam kondisi lapar lupa tak pernah ingat untuk berzikir dan berwirid.

BACA JUGA  Hadist Hari Ini Rabo 12 Sofar 1442