Khutbah Jum’at Edisi, 25 November 2022 “Besarnya Jasa Guru Dalam Kehidupan”

 

Iklan

بِسْمِ اللهِ وَبـِحَمْدِهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ وَكَفٰى، وَسَلاَمٌ عَلٰى عِبَادِهِ الَّذِيْنَ اصْطَفٰى. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ.

اَللهُمّ صَلِّ وَسَلّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنِ, اَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَ اللهِ, اُوْصِيْكُمْ وَاِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فىِ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

اَللّٰهُمَّ اَصْلِحْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَفَرِّجْ عَنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَارْحَمْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَانْشُرْ وَاحْفَظْ نـَهْضَةَ الْوَطَنِ فِى الْعَالَمِيْنَ بِحَقِّ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

Kaum muslimin sidang jamaah jumat yang berbahagia, Rahimakumullah.

Puji dan syukur Alhamdulillah marilah kita sampaikan kehadirat Allah Robbul’izzati, pada kesempatan jumat ini kita kembali dapat melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim yaitu shalat Jumat secara berjamaah di masjid yang kita cintai ini. Shalawat dan salam marilah kita sampaikan kepada uswatun hasanah kita yaitu baginda nabi besar Muhammad SAW. Juga kepada segenap keluarga dan sahabatnya, semoga kita semua yang hadir di masjid ini, kelak di hari kiamat mendapatkan syafaat dari beliau. Aamiin.

Kaum muslimin sidang jamaah jumat yang berbahagia, Rahimakumullah.

Hari ini Jumat 25 November 2022 adalah hari memperingati Hari Guru Nasional Republik Indonesia.yang ke-77. Dimana seluruh guru memperingatinya sebagai hari yang sangat istimewa dan bersejarah keberadaannya bagi bangsa dan negara yang telah ikut serta mendidik generasi untuk membangun Indonesia agar menjadi negara yang maju, berperadaban tinggi dan menguasai teknologi. Dan yang paling penting dari semua itu adalah memiliki kepribadian yang sopan dan berakhlak mulia.

Kalau kita melihat sejarah dari masa ke masa bahwa profesi yang paling mulia dan sangat berjasa adalah guru. Lihatlah Allah Tuhan seluruh makhluk, menjadi guru pertama bagi umat manusia yaitu Nabi Adam AS. Allah mengajarkan seluruh nama benda yang ada di alam ini, sebagaimana diinformasikan dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 31;

وَعَلَّمَ ءَادَمَ ٱلْأَسْمَآءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى ٱلْمَلَٰٓئِكَةِ فَقَالَ أَنۢبِـُٔونِى بِأَسْمَآءِ هَٰٓؤُلَآءِ إِن كُنتُمْ صَٰدِقِينَ

Artinya: Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: “Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu memang benar orang-orang yang benar!”. (QS. Al Baqarah 02:31)

Kemudian proses pengajaran tersebut dilanjutkan Nabi Adam, karena beliaulah yang pertama kali menerima segala macam ilmu dari Allah SWT. Selanjutnya semua Nabi yang diutus oleh Allah melanjutkan tugas yang sangat mulia ini. Para Nabi termasuk Nabi kita Muhammad SAW mengajarkan dan mendidik umatnya tentang berbagai disiplin ilmu untuk menata kehidupan agar bermakna dan bermanfaat diantaranya mengajarkan ilmu tauhid, ilmu hakekat hidup, ilmu cinta kasih dan lain-lain. Nabi kita menegaskan dalam sabdanya bahwa diantara tugas pokok diutus ke dunia adalah untuk mengajar dan mendidik umat manusia.

إن الله لم يبعثني معنفاً ول متعنتاً، ولكن بعثني معلماً ميسراً

“Sesungguhnya Allah tidak mengutus aku sebagai manusia yang membuat kekerasan dan tidak juga kemudaratan, akan tetapi Dia mengutus aku sebagai seorang pendidik dan orang yang memudahkan”. (HR Muslim)

Kemudian proses pengajaran tersebut terus menerus dilakukan oleh para ulama dan guru-guru dari generasi ke generasi hingga zaman kita sekarang ini. Dan berkat pengajaran ini lahirlah para ilmuan yang sangat besar sumbangsih mereka bagi kemajuan peradaban ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan alam sekitar.

Kaum muslimin sidang jamaah jumat yang berbahagia, Rahimakumullah.

Dalam dunia pendidikan guru adalah aktor utama dalam pelaksanaan pengajaran dan pendidikan secara baik, tulus, benar dan bertanggung jawab kepada seluruh peserta didiknya. Kalau kita melihat hakikat guru, sesungguhnya sangat mulia dan terhormat posisinya, baik dihadapan Allah maupun dihadapan sesama manusia. Mengapa demikian? Karena para guru mengajarkan banyak hal dalam hidup; mulai dari mengajarkan baca tulis, berhitung, akhlak, keahlian dan lain-lain.

Coba kita lihat dengan seksama jasa-jasa para guru, sungguh sangat menakjubkan dan tak terbantahkan. Orang mendapat gelar tinggi, menjadi pejabat tinggi, menjadi orang kaya dan menjadi orang terkenal sehingga bisa keliling dunia, itu semua karena jasa para guru yang telah mengajarkan mereka ilmu, mulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi.

Lihat juga manusia mampu membuat istana megah, gedung pencakar langit, membuat pesawat, kereta api, kapal laut dan masih banyak lagi. Itu semua karena jasa-jasa besar para guru. Lihat juga manusia mampu menghafal Al Quran, berceramah, melukis dengan indah, bersuara merdu, menguasai binatang buas (pawang) dan lain-lain. Ini juga karena jasa-jasa besar para guru.

Tidak dapat kita bayangkan kalau guru tidak ada di muka bumi ini, maka bumi ini akan mati, tidak ada peradaban, tidak ada kehidupan, tidak ada komunikasi, tidak ada fasilitas-fasilitas penunjang untuk mencapai kemajuan di semua sektor kehidupan.

Karena demikian besar jasa dan kontribusi para guru, maka selayaknya kita memberi apresiasi dalam bentuk terima kasih tak terhingga dan doa yang selalu kita panjatkan, semoga mereka mendapatkan hidup penuh berkah, hidup makmur, selalu sehat, keluarga bahagia dan kelak tercatat menjadi ahli penghuni surganya Allah SWT. Aamiin.

Akhirnya melalui mimbar khutbah Jumat ini kita mengucapkan selamat hari guru nasional Republik Indonesia ke-77. Semoga seluruh guru dari Sabang sampai Merauke senantiasa Istiqomah sepanjang hayat untuk mengajar dan mendidik putra putri Indonesia menjadi pemimpin yang handal dan hebat pada masa mendatang. Aamiin.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ, وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ, وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَاسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

KHUTBAH KEDUA

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اٰلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا. أَمَّا بَعْدُ:

فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ, اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ. وَقَالَ تَعاَلَى, إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ الـْمُقَرَّبِيْنَ, وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلىٰ ىيَوْمِ الدِّيْنِ, وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ

اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ

اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ

رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىٰ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

Jakarta, 29 Rabiul Akhir 1444 H/24 November 2022 M

Penulis : Marolah Abu Akrom (087887270732)