Keutamaan Muharram Oleh: Harapandi Dahri

banner post atas

Ibn al-Mibrad menyebutkan fakta mengherankan, bahawa tak hanya umat manusia yang berpuasa pada 10 Muharram, binatangpun turut berpuasa 10 Muharram. Suatu ketika, Khalifah Dinasti Abbasiyah, al-Qadir Billah, terheran dengan semut yang enggan memakan roti pemberiannya. Tiap hari, kebiasaan itu ia lakukan. Tapi mengapa, pada siang hari itu, roti-roti yang ia berikan masih seperti semula. Ia pun lantas menanyakan kejadian aneh itu kepada para penasehatnya.

Mereka menjawab, alasan semut tidak memakan roti tersebut kerana pada hari itu adalah 10 Muharram. Kisah yang sama juga pernah dicermati oleh seorang alim, Fath bin Syukhruf.”Roti yang tiap hari aku berikan kepada semut, tidak mereka makan ketika datang 10 Muharram,”.  

Bagaimana dengan kita?, sudahkah kita mengambil perhatian, memanfaatkan peluang yang ada?. Bulan muharram adalah salah satu bulan yang spesial diantara empat bulan lainnya.

Iklan

Antara hikmah Muharram ialah: Mengingatkan kita bahwa jumlah bulan dalam satu tahun terdiri dari 12 bulan dan perkara ini sudah dijelaskan Allah dalam al-Qur’an surat al-Taubah:36. Diantara 12 bulan terdapat 4 bulan yang spesial (Dzulqa’dah, Dzul Hijjah, Muharram dan Rajab). Peristiwa Hijrah dari Makkah ke Madinah banyak mengandung pengajaran bahkan kemuliaan orang yang berhijrah sama dengan berjihad di jalan Allah dengan jiwa mahupun harta. Peristiwa Hijrah merupakan proses seleksi terhadap keimanan seseorang. Hijrah mendorong kita menjadi manusia muwahhid (keyakinan akan Allah yang Maha Esa) dan memiliki akhlak yang mulia, hidup rukun-damai, persahabatan, persatuan dan kerjasama. Hakikat pergantian tahun ialah umur kita terus berkurang hingga akan sampai finisnya.