KEKERASAN SEKSUAL DAN CARA MENGHADAPINYA BERDASARKAN BUKU “SAAT TIARA DALAM BAHAYA” YANG DITERBITKAN OLEH THE BODY SHOP INDONESIA

KEKERASAN SEKSUAL DAN CARA MENGHADAPINYA BERDASARKAN BUKU “SAAT TIARA DALAM BAHAYA” YANG DITERBITKAN OLEH THE BODY SHOP INDONESIA

Di tulis oleh: Indri Sekarningsih, Mahasiswi PIAUD STAI Al-aqidah Al-Hasyimiyyah Jakarta

SinarLimaNews.Com – Dalam pengertiannya, perlindungan anak adalah usaha melindungi dan merespon bentuk-bentuk kekerasan, eksploitasi, dan penelantaran yang termasuk abuse. Tingginya angka kekerasan seksual terhadap anak berarti masih banyak anak-anak yang belum terlindungi.

Salah satunya faktor tingginya angka kekerasan seksual karena rendahnya literasi tentang pencegahan kekerasan seksual. Edukasi terhadap kekerasan seksual dapat menjadi langkah pencegahan kekerasan seksual bagianak.

Dongeng “Saat Tiara dalam Bahaya” yang ditulis oleh Watiek Ideo dan Zahara Keisha diharapkan dapat membuat anak tahu apa yang bisa dia lakukan untuk menjaga dirinya sendiri khususnya ketika dia berada dalam kondisi rawan kekerasan seksual.

Selain itu dengan adanya buku ini juga diharapkan anak -anak maupun orang tua dapat pula memahami mengenai suatu mekanisme perlindungan diri dasar yang diciptakan sehingga dapat melindungi masyarakat ketika.menghadapi situasi yang rawan kekerasanseksual.

Tiara dalam buku dongeng tersebut digambarkan sebagai seorang anak Tuli yang sehari-hari menggunakan bahasa isyarat dalam berkomunikasi. Pada suatu hari saat Tiara sedang bermain ia mengalami kekerasan yang dilakukan oleh orang yang tidak dikenali. Beruntung ada Sita dan Bima yang merupakan teman Tiara melihat hal tersebut, yang kemudian membantunya pergi meninggalkan tempatkejadian.

Dalam buku dijelaskan beberapa macam kekerasan diantaranya adalah:
1. Kekerasan Fisik, adalah tindakan fisik secara disengaja yang dapat menciderai atau melukai fisik seseorang. Contohnya memukul, menendang, menampar dan lainsebagainya.

2. Kekerasan Verbal, Adalah perkataan atau ucapan secara lisan maupun tulisan yang ditujukan secara sengaja pada seseorang untuk melukai perasaan atau merendahkan atau mengancam atau mempermalukan atau menekan diri seseorang. Contohnya memaki, mengolok, mengumpat, mengejek, menghina dan lain-lain.
3. Kekerasan Rasional, Adalah tindakan yang menyakiti, merendahkan, menyinggung, dan merugikan korban, yang dilakukan berulang-ulang oleh individu maupun kelompok.

Contohnya mengucilkan teman, melakukan fitnah, mencemarkan nama baik, merendahkan dan bentuk bullying lainnya.
4. Kekerasan Di Dunia Maya, Adalah kekerasan yang dilakukan dan terjadi di dunia maya atau internet. Contohnya melontarkan komentar ejekan yang menakutkan di akun media sosial, termasuk menyebarkan gambar, video, data, atau informasi pribadi tanpa seizin kita.
5. Kekerasan Seksual, adalah perbuatan yang dilakukan seseorang dengan meminta orang lain memperlihatkan bagian-bagian tubuh pribadimu seperti dada, pantat dan kemaluan. Atau, ada orang yang ingin menyentuh bagian-bagian tubuh pribadikita.

Selain itu dalam buku dongeng “Saat Tiara Dalam Bahaya” kita juga diajarkan untukmelakukan tindakan seperti :
1. Berani berkata tidak ( No ) jika ada suatu hal yang membuat kamu tidak nyaman atau merasa terancam.
2. Segera pergi meninggalkan tempat kejadian ( Go ) menghindar dan mencari bantuan. Alih-alih kamu melawan sendiri, dikhawatirkan pelaku lebih kuat dan berbahaya dari yang kita duga, lebih baik kita pergi dan coba mencaribantuan.
3. Jika kamu siap maka ceritakan lah (Tell) beritahukan kepada ayah, ibu atau orangdewasa lainnya yang dapat kamu percaya.

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA