Iwan Setiawan : KUR dari HKTI NTB Dapat Apresiasi Dari OJK dan BPK.

Iwan Setiawan : KUR dari HKTI NTB Dapat Apresiasi Dari OJK dan BPK.

Sinar5news.Com – Lombok Timur –  Sekretaris DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia(HKTI) Nusa Tenggara Barat(NTB),Iwan Setiawan mengatakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sampai saat ini berjalan dengan baik. Karena KUR ini merupakan bagian dari Program HKTI yang dihajatkan untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat.

Iwan juga menambahkan Wakil Bupati (Wabup) Lombok Timur (Lotim) H. Rumaksi, SJ. S.H telah mengeluarkan 2 Surat Keputusan (SK) terkait dengan pencairan dana asuransi dan jaminan bunga bank bagi para penerima KUR, bahkan anggaran daerah yang telah ditetapkan sebanyak Rp. 2 Milyar.

“Per hari ini sudah 2 kali keluar SK. Jadi Pak Rumaksi sebagai Wakil Bupati dan Ketua DPP HKTI NTB telah menetapkan 2 M untuk asuransi ternak dan jaminan bunga Bank, bagi peternak penerima KUR,” katanya kepada Awak Media. Rabu malam.(21/10/2020).

Menurut Iwan Setiawan selaku Sekertaris HKTI NTB, yang juga sebagai Kepala Bidang Kedaruratan dan Loistik BPBD Lombok Timur itu, menyampaikan sampai dengan hari ini dana KUR yang dikeluarkan sudah menyentuh 500 peternak dan ditargetkan sampai dengan akhir tahun anggaran bisa menyalurkan 2.333 ekor sapi.

“Sampai hari ini sudah hampir 500 peternak. Jadi tahun ini sampai Desember kemungkinan 2.333 ekor yang tersalurkan karena mepetnya waktu,” paparnya.

Dalam pencairan dana KUR oleh pihak perbankan, terang Iwan berjalan lancar, terutama dari BNI, sementara BRI tengah berjalan dan pihak HKTI menyerahkan sepenuhnya kepada pihak perbankan terkait proses penyalurannya kepada masyarakat.

“Alhamdulilah berdasarkan laporan hari ini yang paling gesit penyalurannya untuk KUR ini Bank BNI, dan BRI sedang berjalan, jadi kami HKTI sepenuhnya menyerahkan kepada perbankan,” tegasnya.

BACA JUGA  Petugas GabunganTutup Paksa Beberapa Warkop

Dirinya dalam kesempatan itu juga membantah jika program ini stagnan(Jalan di tempat-red). Bahkan program KUR dari HKTI NTB tersebut mendapatkan apresiasi dari OJK dan BPK dan akan diadopsi juga oleh Kementerian Pertanian RI.

BACA JUGA  Penuhi Undangan, Satgas TNI Hadiri Acara Rapat Adat

“Program ini berjalan lancar dan mendapat apresiasi dari OJK, dan BPK kemarin, karena program yang dibuat oleh Pak Wabup adalah satu-satunya di Indonesia dan akan diadopsi juga oleh Kementerian Pertanian,” katanya.

“Inilah salah satu (KUR) dari dua program kami dari HKTI NTB kepada masyarakat. Mungkin program ini dianggap gila, tapi kami tanpa beban. Tidak ada beban dan tidak ada biaya yang kami pungut dari masyarakat,” tutupnya.

 

 

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA