Ibarat Baghdad dan Cordova NW dan NWDI Ibarat Baghdad dan Cordova. Oleh : Habib Ziadi Thohir M.Pd

Ibarat Baghdad dan Cordova NW dan NWDI Ibarat Baghdad dan Cordova. Oleh : Habib Ziadi Thohir M.Pd

Belajar dari sejarah Imperium Islam dahulu ada dua kutub kekhilafahan Islam dalam waktu bersamaan yaitu di Daulah Abbasiyah (750-1258 M) di Timur dengan ibu kotanya Baghdad dan Daulah Umayyah Andalusia (756-1031M) di Barat ibukotanya Cordova. Penguasa keduanya menyebut dirinya sbg Amirul Mukminin. Padahal dari qaidah/petunjuk Nabi SAW : “Jika didapati ada dua orang imam, maka bunuhlah yang terakhir dari keduanya.” (HR Muslim). Harusnya tidak ada Amirul Mukminin yang kedua di Andalusia.

Namun, ajaib dan uniknya dua kekhilafahan itu saling berfastabiqul khairat bahkan saling mengisi.

Wilayah kekuasaan di barat tidak diganggu oleh yang Timur
Para ulama yang di barat bermigrasi dan berbagi ilmu ke Timur begitu sebaliknya
Mazhab di Barat memakai Mazhab produk 4 imam yang notabene produk Timur
Kitab-kitab masterpiece ulama Timur dibedah dan dikaji bahkan diadopsi di Barat sebaliknya juga demikian.
Spirit tasamuh dan Ta’ayush dalam historis Islam ini perlu digelorakan dalam fenomena NW dan NWDI.
Padahal konsekuensi dualisme Amirul Mukminin lebih berat dan ada nashnya ketimbang dualisme Amirun Nahdliyyin. Tugas para alim ulama mempererat (tausiq), upaya pendekatan (taqrib) memperkuat (taukid), saling silaturahim (tarahum), saling menopang (takaful), dan saling mengapresiasi/menghargai (tasamuh). Ini warisan salafuna saleh.

Imam Al Qurtubi di Barat kitabnya dikaji di Timur. Imam Ibnu Rusyd di Barat bermazhab dengan Mazhab Maliki di Timur. Kitab AlFiyah Ibnu Malik karya Barat dihafal penuntut ilmu di Timur.

Imam-imam di atas berbaiat kepada Amirul Mukminin di Barat tapi ulama-ulama yang berbaiat dan berkibat ke Bagdad di Timur tidak mempersoalkan itu. Saling menyamakan perepsi (taqrib) dan interkoneksi (tarabut) ala salaf ini perlu diadopsi lagi

Wallohu alam.

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA