Nazham Batu Ngompal : Sekilas Biografi Maulana Syaikh

Foto : Nazham Batu Ngompal Karya Maulana Syaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid yang disusun oleh H.Muslihan Habib
banner post atas

“Tulisan INI DI RANGKUM DARI BUKU *MENGURAI ILMU TAJWID NAZHAM BATU NGOMPAL* YANG DISUSUN OLEH TGH MUSLIHAN HABIB “

Sang penyusun kitab Nazham Batu Ngompal, Maulana Syaikh Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjjid yang akrab dipanggil Maulana Syaikh adalah seorang ulama besar yang lahir pada tanggal 17 Rabu’ul Awwal 1324 H/ 1904 M, di Pancor Lombok Timuur Nusa Tenggara Barat(NTB). Beliau adalah anak bungsu dari hasil perkawinan Tuan guru Haji Abdul Majid dengan Hajjah Halimatus Sa’diyah.

Beliau adalah ulama besar alumni Madrasah ash-Shaulatiyah, Makkah al-Mukarramah. Beliau mengenyam pendidikan di Madrasah ash-shaulatiyah selama 12 tahun. Pilihan untuk melanjutkan kajian Islam di Madrasah ash-Shaulatiyah tidak lain karena pendidikan di Madrasah ash-Shaulatiyah dibimbing oleh guru-guru yang mumpuni dibidangnya dan telah terbukti mencetak ulama-ulama besar di dunia. Menurut Martin Van Bruinessen, Madrasah ash-Shaulatiyah merupakan lembaga pendidikan pertama di Tanah Hijaz dan termasuk Madrasah yang telah banyak mencetak dan mengkader ulama-ulama besar dari seluruh dunia. Bahkan telah dicata pula, bahwa Madrasah ash-Shaulatiyah inilah yang banyak melahirkan tokoh-tokoh ulama Indonesia hingga berhasil mendirikan Madrasah Darul Ulum Makkah Al-Mukarramah. Ketika Maulana Syaikh belajar di Madrasah ini, prestasi gemilang dan penuh pujian telah diukirnya.

Prestasi tersebut tidak hanya datang dari temannya,tetapi juga oleh semua gurunya.
Maulana Syaikh telah banyak menulis kitab baik yang berbaha Arab,Melayu,dan Indonesia. Salah satu kitab yang beliau tulis adalah kitab Nazham Batu Ngompal. Disamping kitab beliau juga mengarang beberapa nasyid(lagu yang bernuansa islami dan perjuangan).

Iklan
BACA JUGA  BMKG Peringatkan Bahaya Cuaca Ekstrem Beberapa Hari Ke Depan.