HIKMAH PAGI -TIGA ELEMEN DASAR PONDOK PESANTREN-

HIKMAH PAGI -TIGA ELEMEN DASAR PONDOK PESANTREN-

Salah satu lembaga pendidikan yang hingga kini masih eksis di era modern seperti sekarang ini adalah Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren.

Pondok Pesantren merupakan sebuah tempat belajar dan tempat menginap (asrama) bagi para pencari ilmu, khususnya ilmu Agama Islam yang biasanya disebut sebagai santri.

Sebuah lembaga pendidikan disebut sebagai Pondok Pesantren minimal memiliki sarana seperti Masjid, Asrama (tempat tingggal santri) dan madrasah (tempat belajar santri), serta tempat tinggal keluarga Kyai.

Selain sarana diatas sebuah lembaga pendidikan disebut juga sebagai Pondok Pesantren, apabila di dalam lembaga tersebut terdapat seorang Kyai, dewan asatidz dan santri, yang semuanya memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Seorang Kyai disamping berperan dalam membangun dan mengembangkan Pondok Pesantren, juga berperan sebagai pengajar dan pendidik serta pengasuh santri.

Dewan asatidz berperan membantu sang Kyai dalam mengembangkan Pondok Pesantren, disamping itu juga berperan dalam mengajar, mendidik dan mengasuh para santri, yang pada hakikatnya mereka adalah perpanjangan tangan dari seorang Kyai. Sedangkan santri adalah orang yang siap dibimbing dan diajar serta diasuh oleh sang Kyai dan dewan asatidz untuk mempelajari dan mendalami serta mengamalkan ilmu yang didapatkan di Pondok Pesantren tersebut.

26 Oktober 2020
Hipzon Putra Azma

BACA JUGA  Bupati,Kapolres Dan Dandim 1615/Lotim. Sidak Posko Pengamanan Operasi Ketupat Gatarin 2020.

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA

BACA JUGA  Prof Harapandi: Bahagia Milik Siapa?