Heboh! Penemuan Surat Bersih Diri dari G30S PKI Dijadikan Bungkus Bawang

0
158
banner post atas

Sinar5news.com – Jakarta – Akhir-akhir ini dunia sosial media dihebohkan dengan penemuan Surat bersih diri dari G30S PKI yang dijadikan untuk membungkus bawang.

Hal tersebut pertama kali diketahui dari sosial media Twitter yang diunggah oleh akun yang bernama @initipis pada Jum’at (11/9/2020).

Dari unggahannya itu, terlihat dengan jelas bahwa surat tersebut ditulis menggunakan mesin ketik dengan ejaan lama.

Iklan

Bahkan, terdapat bukti kuat didalam surat tersebut tertulis tahun 1968. Hal ini dapat menambah bukti kuat bahwa surat tersebut dari zaman dahulu.

Unggahan akun @initipis di twitter

“Sepandjang penelitian, serta dikuatkan dengan pembuktia dan persaksian dari Orpol/Ormas Kepala Desa, Tjamat setempat dan lain sebagainya, maka orang jang namanja tersebut diatas tidak ada indikasi setjara langsung atau tidak langsung dalam peristiwa G30S/PKI,” tulis penggalan surat tersebut.

Pemilik akun @initipis menjelaskan bahwa surat tersebut ia temukan dari bungkusan bekas bawang yang dibeli ibunya usai berbelanja dari pasar.

Hingga Senin (14/9/2020), unggahan itu telah di-retweet lebih dari 15,6 ribu kali dan disukai lebih dari 67,5 ribu kali.

Banyak warganet yang mempertanyakan soal kondisi kertas yang masih bagus dan tinta cetakan yang masih terlihat jelas.

Namun, ada juga yang menjelaskan, bahwa surat tersebut merupakan surat keterangan bebas dari keterlibatan G30S PKI, yang disebut Surat Keterangan Bersih Diri (SKBD).

“Tulisan sama tintanya sih keliatan masih bagus ,bisa kebaca jelas lagi ,apa iya ini beneran surat dari zaman dulu?”

“Ini surat Keterangan Bebas dari Keterlibatan dengan G30S PKI, surat ini digunakan orang zaman dulu buat persyaratan daftar kerja gitu.”

Itu dia beberapa komentar yang netizen lontarkan ke akun @initipis.