H.Lalu Mariun,SH,MH : Hakim Senior Yang Pernah Adili Presiden Soeharto Jadi Ketua Bale Mediasi Lombok Timur.

banner post atas

Sinar5news.com – Selong – Wakil Bupati Lombok Timur H. Rumaksi Sj. Melakukan Peresmian dan Pengukuhan Kepengurusan Bale Mediasi Lombok Timur.Kamis(06/02/2020).

Dalam sambutannya Wakil Bupati mengatakan Bale Mediasi sebagai perwujudan kearifan local musyawarah mufakat didaerah ini dan diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat untuk penyelesaian konflik.

Iklan

H.Rumaksi juga berharap agar pengurus Bale Mediasi bekerja secara sungguh-sungguh memenuhi ekspektasi masyarakat jangan hanya dikukuhkan. Karena Belum dikukuhkan saja sudah ada sembilan (kasus) yang masuk, ini sebagai bentuk respon masyarakat.

“Bale Mediasi jangan hanya sekadar formalitas, dan harus betul-betul dapat dirasakan kehadirannya di tengah-tengah masyarakat, dan saya yakin Lombok Timur akan lebih baik dan tugas aparat penegak hukum menjadi lebih ringan dengan keberadaan Bale Mediasi ini,” Ungkapnya.

Sementara itu Gubernur Nusa Tenggara Barat yang diwakili Kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri (Bakesbangpoldagri) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Muhammad Rum menyampaikan bahwa prinsip musyawarah sesungguhnya bukan sekadar kearifan bangsa, melainkan tuntunan dalam Islam.

Ia berharap keberadaan Bale Mediasi Lombok Timur ke depan mendorong terbentuknya Bale Mediasi hingga ke tingkat Desa, sehingga dapat menekan potensi konflik.

Peresmian Bale Mediasi sekaligus Pengukuhan Kepengurusan Bale Mediasi ini dihadiri pula Forkopimda Lombok Timur, Kepala Biro Hukum Provinsi NTB, juga Ketua Bale Mediasi Provinsi NTB, Camat, dan sejumlah tokoh masyarakat Lombok Timur.

Bale Mediasi ini diharapkan menjembatani kebutuhan masyarakat terhadap penyelesaian konflik dengan win-win solustion, tidak ada pihak yang merasa kalah, di tengah munculnya sejumlah konflik saat ini.

Keberadaan Bale Mediasi didasari Peraturan Mahkamah Agung RI No. 1 tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan, Perda Provinsi NTB No. 9 Tahun 2018 tentang Bale Mediasi, dan di Lombok Timur terdapat Perbup Nomor 37 Tahun 2019 tentang Pembentukan Bale Mediasi.

BACA JUGA  Beredar SK Honda Bodong di Kabupaten Lombok Timur NTB.

Semuanya memiliki nafas yang sama yaitu menyelesaikan masalah secara musayawarah mufakat. Cara ini juga dinilai tidak membutuhkan proses panjang yang menguras waktu, energi, emosi, dan materi. Ekses negatifnya relatif lebih kecil termasuk dalam kerangka sosial.

Bale Mediasi Lombok Timur diketuai H. L. Mariun SH, MH untuk periode 2020-2024. Mantan Hakim senior yang masih segar dalam ingatan kita, bahwa beliau pernah menjadi Hakim Ketua saat mengadili perkara yang di alami mantan Penguasa Orde Baru Presiden Suharto. (Bul)