H Irzani :Selamat Hari Buku Nasional

banner post atas

Setiap tahunnya tepat pada tanggal 17 Mei dijadikan hari perayaan untuk memperingati pentingnya budaya membaca. Hari Buku Nasional juga kerap diidentikkan dengan permasalahan minat baca yang kurang di Indonesia.

Ditengah pandemi Covid-19 ini, selain di sawah, saya banyak menghabiskan waktu membaca buku, Ketika saya kecil di kampung halaman, bacaan yang kerap saya baca adalah buku-buku yang berkaitan dengan agama. Buku agama dan buku umum keduanya sangat penting dalam membentuk saya.

Ketika melanjutkan ke perguruan tinggi, semakin beragam bacaan saya. Selain buku-buku kuliah, saya senang membaca buku-buku motivasi dan kepemimpinan.

Iklan

Belajar langsung di organisasi Nahdlatul Wathan (NW), belajar teori dari buku-buku, rasanya apa yang saya lakukan terasa lebih nikmat. Lebih berisi. Karena itulah bagi adik-adik mahasiswa, pelajar, pemuda, selalu saya tekankan agar rajin membaca.

Alhamdulillah, pengalaman membaca itu membantu saya ketika melakoni amanah sebagai dosen di IAIN Mataram (sekarang UIN Mataram).

Selama menjadi dosen saya menulis buku-buku pelajaran Matematika, bidang yang saya sukai. Buku yang pernah saya tulis dan diterbitkan adalah

(1) Matematika 1 untuk Calon Guru MI/SD, (2) Pembelajaran Matematika, (3) Statistika Matematika, (4) Metode Numerik, (5) Strategi Belajar Mengajar Matematika, (6) Pengembangan Program Pengajaran Matematika, (7) Pengantar Teori Peluang, (8) Statistika untuk Penelitian.

Bagi sebagian orang pelajaran Matematika itu kerap dianggap menakutkan. Padahal sangat mengasyikkan belajar Matematika.

Pengalaman belajar Matematika dan buku-buku Islam yang pernah saya baca, membuat saya menarik kesimpulan, bahwa di dalam Al-Qur’an begitu banyak pelajaran.

Saya pun menulis buku dengan judul (9) Pembelajaran Matematika Berbasis Al-Quran. Buku ini, mungkin saja jauh dari sempurna, tapi saya yakin, bahwa ide-ide itu akan abadi jika kita menuangkan dalam bentuk tulisan.

BACA JUGA  Pelantikan OSIS SMA Nahdlatul Wathan Jakarta Periode 2019-2020

Para sahabat sendiri, buku apa yang digemari? Coba sesekali tuangkan idenya dalam sebuah buku. Minimal menulis di media sosial. Ingat Ya, jangan menulis hoax.

Selamat Hari Buku Nasional