Gubernur NTB, Terima Penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP Pada HUT Pol.PP Ke 70.

Gubernur NTB, Terima Penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP Pada HUT Pol.PP Ke 70.

Sinar5news.com – Mataram – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd mendampingi Menteri Dalam Negeri Prof. H. M. Tito Karnavian, Ph.D pada acara puncak Kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja ke-70 dan Perlindungan Masyarakat ke – 58. Di Lapangaan Eks bandara Udara Selaparang Rembiga. Selasa(03/03/2020).

Peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat kali ini mengambil tema “Peningkatan Profesionalisme Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat Menuju Indonesia Maju”.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur NTB juga memperoleh penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP. Penganugerahan tersebut diberikan atas komitmen dan kepedulian Gubernur NTB dalam meningkatkan kinerja Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi NTB. Selain Gubernur NTB, beberapa kepala daerah juga menerima penghargaan tersebut, antara lain Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Bali, Walikota Mataram, Walikota Jambi, dan Bupati Lebak.

Dalam amanatnya sebagai Inspektur Upacara, Menteri Dalam Negeri mengajak seluruh peserta upacara untuk menjadikan Pancasila sebagai pemersatu bangsa.
“Mari kita jadikan HUT Satpol PP dan HUT Satlinmas ini sebagai momentum untuk mengajak seluruh komponen bangsa Indonesia untuk meningkatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai pemersatu bangsa dalam keberagaman demi mewujudkan ketenteraman dan ketertiban serta perlindungan masyarakat menuju Indonesia Maju,” kata Mendagri.

Foto : Mendagri Tito Karnavian dan Wagub.NTB Dr.Ir.Hj.Sitti Rohmi Djalillah,M.Pd

Pedoman kerja bagi Satpol PP merujuk kepada Permendagri Nomor 54 Tahun 2011 tentang Standar Operasional Prosedur Satuan Polisi Pamong Praja; dan bagi Satlinmas keterlibatan secara aktif sebagai tenaga Pengamanan Langsung (Pamsung) dalam Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dengan berpedoman Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-Undang serta Permendagri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satlinmas dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

“Saya haturkan rasa bangga dan penghargaan yang setingi-tingginya kepada anggota Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat atas pengabdiannya dalam mengemban tugas dan memberikan perlindungan serta pelayanan yang tulus demi mewujudkan rasa tertib, tenteram dan aman kepada masyarakat,” ujarnya.

Foto : Mendagri dan Gubernur NTB Dr.H.Zulkieflimansyah,SE,M.Sc

Mendagri juga meminta Satpol PP dan Sat-Linmas untuk senantiasa mengedepankan profesionalitas dan meningkatkan kapasitas diri guna memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

“Tingkatkan profesionalisme serta kapasitas aparatur, ciptakan sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah guna tercapainya tujuan penyelenggaraan pemerintahan menuju Indonesia Maju,” pesan Mendagri.

Di akhir sambutan, Mendagri mengucapkan selamat atas perjalanan panjang pengabdian Satpol PP dan Sat-Linmas hingga menginjak usianya yang sekarang. “Pada kesempatan yang berbahagia ini, atas nama Pemerintah Saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja ke-70 dan Selamat Ulang Tahun yang ke-58 Satuan Perlindungan Masyarakat,” ucapnya.

Di akhir kegiatan, diberikan juga penghargaan Karya Bhakti Satpol PP juga diberikan kepada Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi/Kabupaten/Kota yang mempunyai dedikasi dan integritas tinggi dalam peningkatan peran Satuan Polisi Pamong Praja dalam upaya mendukung kelancaran pemerintah daerah, yakni Kepala Satpol PP Provinsi DKI Jakarta, Kepala Satpol PP Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Satpol PP Provinsi Bengkulu, Kepala Satpol PP Kota Mojokerto, Kepala Satpol PP Kota Cirebon, serta Kepala Satpol PP Kota Ternate.(hms/red)

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA