asd

Fathan Ham Irfan,S.Pd: Lima Tahun Kepemimpinan Zul-Rohmi. SMKN 1 Brang Rea Cetak Siswa Terampil Dan Siap Kerja.

Fathan Ham Irfan,S.Pd: Lima Tahun Kepemimpinan Zul-Rohmi. SMKN 1 Brang Rea Cetak Siswa Terampil Dan Siap Kerja.

Sinar5news.com – Sumbawa Barat – SMK Negeri 1 Brang Rea adalah salah satu satuan pendidikan dengan jenjang SMK yang beralamat di Tepas, Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. 

Foto: Fathan Ham Irfan,S.Pd (Kepala SMKN 1 Brang Rea – KSB)

SMKN 1 Brang Rea yang berdiri tanggal 6 Agustus 2009 berproses tanpa mengenal lelah untuk merubah mainset masyarakat sekitar yang pada saat itu masih menganggap Tamatan SMK akan kesulitan mendapatkan pekerjaan atau akan menjadi pengangguran. 

Kepala SMKN 1 Brang Rea Fathan Ham Irfan,S.Pd kepada wartawan menjelaskan pihaknya terus berjuang untuk menghilangkan imej masyarakat yang mengatakan SMK adalah hanya sebagi pencetak pengangguran.

Foto: Siswa SMKN 1 Brang Rea Praktek Buat Saklar Otomatis Sensor Cahaya.

Terlebih di era 5 tahun kepemimpinan Gubernur Dr.Zulkieflimansyah,M.Sc dan Wagub NTB Dr.Ir.Hj.Sitti Rohmi Djalilah,M.Pd yang dikenal dengan pasangan Zul-Rohmi yang akan berakhir masa jabatannya tanggal 19 September 2023 ini.

Setelah Zul-Rohmi bertugas pada Periode 2018-2023 imej SMK sebagai sekolah pencetak pengangguran telah terbantahkan melalui Program 11 Strategi SMK Gemilang Karya yang merupakan sebuah pengembangan arah kebijakan Pemprov NTB dalam dunia pendidikan yang digagas Gubernur NTB Dr.Zulkieflimansya,M.Sc dan Wagub NTB Dr.Ir.Hj.Sitti Rohmi Djalilah,M.Pd.

“Ke sebelas Strategi SMK Gemilang Karya tersebut diantaranya Badan Umum Layanan Daerah ( BLUD), Refocusing SMK, Teaching Factory (TEFA), PJBL (Kelas Wirausaha, Kelas Start Up), Link and Match, Bursa Kerja Khusus, Guru Tamu, Magang Guru, LSP P1, Sabtu Budaya/ P5 dan Wisata Belajar,”ungkap Fathan Ham Irfan atau yang akrab disapa Pak Ing.

Pak Ing juga menyampaikan diera 5 tahun kepemimpinan Zul-Rohmi, SMKN 1 Brang Rea mengalami kemajuan yang cukup signifikan dan di warnai dengan kreasi dan inovasi guru dan siswa dalam banyak hal yang bertumpu pada 11 Strategi SMK Gemilang Karya.

“Kami dari SMKN 1 Brang Rea mengucapkan terima kasih kepada Pasangan Zul-Rohmi yang telah memiliki peran besar dalam mencetak siswa SMK menjadi alumni yang siap kerja, termasuk kami juga disini (alumni SMKN 1 Brang Rea-red) cukup banyak alumni kami yang sudah terserap berbagi perusahaan dan instansi pemerintah dan tidak sedikit juga alumni kami yang buka lapangan kerja sendiri sesuai dengan ilmu yang mereka peroleh di SMKN 1 Brang Rea ini,”papar Fathan Ham Irfan.

Sisi lainnya, Pak Ing menegaskan, bahwa SMKN 1 Brang Rea siap menyongsong angkatan kerja baru yang siap kerja. Tentunya dengan kemampuan sesuai jurusan yang ada di Sekolah.

“Saya optimis kedepan lulusan SMKN 1 Brang Rea akan terserap di dunia kerja, dan industri. Mengingat Kabupaten Sumbawa Barat ini, memiliki banyak perusahaan yang bertaraf Nasional dan internasional, yang dengan sendirinya nanti akan membutuhkan tenaga kerja yang terampil dan siap kerja. Kita sudah siapkan tenaga terampil melalui program 11 Strategi SMK Gemilang Karya, Terima kasih Zul-Rohmi,”katanya.

Fathan Ham Irfan juga menambahkan, sebagai bentuk tanggungjawab untuk memberikan kesempatan belajar bagi anak putus sekolah, pihak SMKN 1 Brang Rea, menerima anak-anak putus sekolah tamatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat untuk melenjutkan pendidikannya di Sekolah Terbuka yang ada di SMKN 1 Brang Rea.

“Kami juga disini membuka kesempatan kepada tamatan SLTP yang tidak mampu untuk melanjutkan sekolah ke sekolah negeri, untuk masuk di Sekolah terbuka yang kami adakan di SMKN 1 Brang Rea ini, dan tenaga pengajarnya berasal dari guru-guru kami disini. Sehingga tidak jauh beda mutunya dengan sekolah negeri. Para siswa kita wajibkan untuk datang ke sekolah satu kali seminggu, sehingga mereka bisa belajar dirumah sambil membantu orang tuanya bekerja,”pungkasnya.(red)

 

 

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA