Buletin Jum’at HAMZANWADI EDISI 94 || edisi Muharram 1444 H

Buletin Jum’at HAMZANWADI EDISI 94 || edisi Muharram 1444 H

SABAR DAN AMARAH DALAM MENGARUNGI KEHIDUPAN 

Diantara langkah yang biasa digunakan oleh orang yang memiliki sifat sabar adalah berusaha menahan amarah. Bukan sekedar ditahan, amarahnya juga dikelola sehingga menjadi efektif dan proporsional. Bukan berarti orang yang memiliki sifat sabar tidak bisa marah, mereka tetap memiliki sifat tersebut, akan tetapi dia mengelolanya dengan menjadikan akalnya di atas nafsunya. Akal dijadikan lebih utama dalam dirinya ketimbang nafsu dalam menghadapi segala permasalahan dan keadaan dalam kehidupannya.

Seorang yang memiliki sifat sabar akan lebih mudah dalam memaafkan orang lain. Didalam dirinya tertanam rasa ikhlas dalam menerima takdir Allah SWT. Sehingga tumbuh rasa sadar dalam dirinya bahwa sikap marah jika dituruti dalam segala keadaan akan menambah dan menumbuhkan semakin banyak masalah lagi.

Kemampuan seorang penyabar dalam mengelola dan menahan amarahnya akan membuatnya lebih tenang dalam melakukan segala bentuk kebaikan dan segala bentuk ibadah kepada Allah SWT. Inilah membuatnya semakin dicintai oleh sang Kholiq Allah SWT. Dalam Al Qur’an surat Al Imran ayat 134 Allah menyebutkan tentang begitu cintanya dia kepada orang yang suka berbuat kebaikan.

الَّذِيۡنَ يُنۡفِقُوۡنَ فِى السَّرَّآءِ وَالضَّرَّآءِ وَالۡكٰظِمِيۡنَ الۡغَيۡظَ وَالۡعَافِيۡنَ عَنِ النَّاسِ‌ؕ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الۡمُحۡسِنِيۡنَ‌ۚ

Terjemah: (yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan (Qur’an Surat Al Imran ayat 134).

Secara garis besar, marah dapat dibedakan kepada tiga bagian yaitu :
1. Marah yang terpuji
2. Marah yang dibolehkan (mubah)
3. Marah yang terlarang.
   Untuk lebih memperjelas maksud dari tiga bentuk marah di atas, mari kita coba menjelaskannya satu persatu supaya lebih mudah untuk difahami.

Selengkapnya baca disini 👇

BULETIN JUM’AT HAMZANWADI EDISI 94

Pemuda NWDI DKI Jakarta

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA