Buletin Jum’at HAMZANWADI EDISI 58

Buletin Jum’at HAMZANWADI EDISI 58

KENAPA GURU HARUS DIMULIAKAN

Rasulullah menjelaskan dalam sabdanya : “Barangsiapa yang mengajarkan satu ayat dari Kitab Allah kepada seseorang, maka orang itu menjadi hamba baginya.” (HR. Thabrani). 

Dalam kisah yang sangat masyhur tentang anjuran untuk memuliakan guru, juga diabadikan dalam kitab ta’limul mutaallim oleh imam Al Zarnuji tentang bagaimana Ali bin Abi Thalib memuliakan guru :

“Aku menjadi hamba bagi orang yang mengajariku satu huruf ilmu. Terserah orang yang mengajariku. Ia mau menjualku, memerdekakanku, atau tetap menjadikan aku sebagai hamba sahayanya.” 

Dari dulu sampai sekarang, peran guru tidak bisa dianggap sebelah mata. Guru menata ruhani anak didiknya dan menanamkan pengetahuan sebagai bekal keselamatan di dunia dan akhirat. Gambarannya persis seperti anak burung yang masih buta belum melihat, kemudian atas bimbingan induknya dia bukan saja bisa melihat, lebih dari itu bisa terbang ke angkasa seperti induknya. 

Disaat anak berada dimasa kecilnya, mereka dalam keadaan bodoh dan dungu. Setelah di sekolahkan dan mendapat sentuhan guru, mereka berubah menjadi anak-anak yang pintar dan tumbuh berkembang menjadi orang dewasa yang berilmu dan berakhlak mulia. Dengan modal ilmu dan akhlak mereka dihargai dan dihormati oleh orang banyak, sehingga dijadikan sebagai…. selengkapnya baca disini 👇

http://Buletin Jum’at HAMZANWADI EDISI 58

BACA JUGA  Buletin Jum'at HAMZANWADI Edisi 26

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA

BACA JUGA  Polres Sumbawa Amankan Satu Perempuan dan Dua Lelaki Terduga Pelaku Narkoba