Buletin Jum’at HAMZANWADI EDISI 39

Buletin Jum’at HAMZANWADI EDISI 39

MEMAHAMI PENYEBAB TERJADINYA GIBAH

     Gibah adalah salah satu perbuatan yang sering dilakukan oleh sebagian dari kalangan manusia yang biasanya suka duduk nongkrong. Karena sudah bosan ngomong ini dan ngomong itu, akhirnya mulai sedikit demi sedikit menyindir bahkan membicarakan tentang a’ib saudaranya, karena saking nikmatnya ngobrol, tidak sadar sedang melakukan perbuatan dosa gibah yang sangat dilarang dalam agama.

     Lalu apakah sebenarnya yang dimaksud gibah ?, bagaimana kalau ternyata yang dibicarakan tentang orang lain adalah fakta benar adanya ?.

     Mengenai gibah, Rasululloh menjelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim sebagai berikut :

“Tahukah kalian apa gibah itu ?,para sahabat menjawab, Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu. Rasululloh lalu bersabda “kamu membicarakan (menggunjing) saudaramu dengan sesuatu yang tidak disukainya”. Lalu ditanyakan, bagaimana jika yang saya katakan itu ada pada diri saudaraku itu ?, Jawab Rasululloh SAW. “sekiranya yang kamu sebutkan itu betul-betul ada padanya, maka itu berarti kamu telah mengumpatnya, tetapi jika tidak ada padanya, maka berarti kamu telah mengadakan kebohongan terhadapnya.” (HR.Muslim)

     Dari penjelasan Rasululloh pada hadits diatas dapat disimpulkah bahwa yang dimaksud gibah adalah membicarakan keburukan orang lain dan keburukan tersebut tidak disukainya. Adapun …. selengkapnya disini 👇

http://Buletin Jum’at HAMZANWADI EDISI 39 klik disini

BACA JUGA  Buletin Jum'at HAMZANWADI Edisi 30

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA

BACA JUGA  Buletin Jum'at HAMZANWADI Edisi 04