Buletin Jum’at HAMZANWADI EDISI 37

Buletin Jum’at HAMZANWADI EDISI 37

IKHTIAR MADDI DAN MAKNAWI SEBAGAI SOLUSI COVID

Dalam menghadapi berbagai cobaan dan rintangan hidup, diantaranya bagaimana menghadapi wabah corona yang sedang melanda bangsa Indonesia, bagaimana berusaha menghidupkan pendidikan yang sudah mulai redup, bahkan nyaris tidak mendapatkan solusi yang tepat, sehingga pendidikan seolah terasa sebelah mata dan sudah tidak begitu penting. Padahal yang kita ketahui dari zaman dulu, bahkan Al-Qur’an mengabadikan tentang tingginya derajat orang yang berilmu.

Coba sedikit kita perhatikan bagaimana bentuk dan gaya pelajar di era pandemi ini, sangat jauh berbeda dibandingkan dengan tahun yang lalu sebelum pandemi. Di era pandemi, akhlak semakin menurun, karena mereka tidak pernah dicontohkan langsung oleh gurunya bagaimana akhlak yang baik dalam belajar, mereka tidak dituntut sopan, yang terpenting bagi guru adalah mengerjakan tugas sekolah. Padahal tugas yang telah diselesaikanpun bukan hasil kemampuannya, melainkan bantuan dari google. Boleh dikatakan, pelajar di era pandemi adalah pelajar Goole tak peduli adab. Ini adalah gambaran dari potret pendidikan yang sangat timpang dan menyedihkan yang harus segera dicarikan jalan keluar menuju pendidikan yang sebenarnya yaitu pendidikan yang menyelaraskan dan mempedulikan ilmu dan adab.

Disisi lain dari dampak yang muncul akibat pandemi adalah kacaunya perekonomian ummat. Disatu sisi begitu banyak karyawan yang diistirahatkan bahkan dikeluarkan dari perusahaan. Lebih parah lagi, dengan ditutupnya sebagian perusahaan karena alasan karyawan yang terpapar covid. Keadaan seperti ini melahirkan banyak pengangguran dan berujung kepada kelaparan yang dikhawatirkan berdampak kepada penjambretan bahkan pembunuhan. Ini adalah gambaran sosial yang sangat pahit dari dampak covid kalau tidak segera ditemukan solusinya.

Dalam keadaan yang sangat serba sulit ini, tidak ada solusi yang paling baik selain kembali kepada alternatif yang telah diberikan oleh agama. Adapun alternatif terbaik tersebut adalah ikhtiar semaksimal mungkin dan diiringi  dengan memohon pertolongan kepada Allah SWT.

Selengkapnya baca disini 👇

http://Buletin Jum’at HAMZANWADI EDISI 37

BACA JUGA  Buletin Jum'at HAMZANWADI Edisi 11

Baca Selanjutnya

BACA JUGA  Iswandi Kembali Dilantik Sebagai Penjabat Sekda NTB Untuk Tiga Bulan Kedepan.

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA