Beberapa alasan kenapa zakat itu diperintahkan kepada kita || edisi ke-25 1443 H

Beberapa alasan kenapa zakat itu diperintahkan kepada kita || edisi ke-25 1443 H

Zakat adalah kewajiban dari Allah untuk seluruh kaum muslimin yang sudah memenuhi kriteria untuk wajib mengeluarkan zakat. Zakat maal untuk harta yang sudah terpenuhi nisab dan haulnya, dan zakat fitrah dikeluarkan khusus pada bulan Ramadhan sampai awal Syawal hari raya idul fitri sebelum khatib naik mimbar.

Zakat merupakan perintah Allah dan langsung sebagai pondasi bagi orang Islam. Dia merupakan salah satu dari rukun Islam yang menjadi kewajiban utama bagi orang yang telah mengikrarkan diri sebagai orang Islam.

Karena zakat merupakan kewajiban utama sebagaimana halnya shalat, maka dia harus mendapatkan perhatian khusus dan menjadi ibadah prioritas yang harus dilakukan.

Diwajibkannya zakat, baik itu zakat maal ataupun zakat fitrah bagi kaum muslimin, karena didalamnya Allah menaruh keberkahan dan kebaikan bagi pelakunya. Misalnya saja zakat fitrah memiliki tujuan untuk membersihkan orang yang berpuasa dari perbuatan sia-sia dan ucapan jorok, sebagaimana disebutkan dalam Hadits berikut :

فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ، وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ، مَنْ أَدَّاهَا قَبْلَ الصَّلَاةِ، فَهِيَ زَكَاةٌ مَقْبُولَةٌ، وَمَنْ أَدَّاهَا بَعْدَ الصَّلَاةِ، فَهِيَ صَدَقَةٌ مِنَ الصَّدَقَاتِ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitrah, sebagai pembersih bari orang yang puasa dari segala perbuatan sia-sia dan ucapan jorok serta sebagai makanan bagi orang miskin. Siapa yang menunaikannya sebelum shalat id maka zakatnya diterima, dan siapa yang menunaikannya setelah shalat id maka hanya menjadi sedekah biasa. (HR. Abu Daud, Ad Daruquthni)

Adapun secara umum diantara hikmah diwajibkannya zakat adalah sebagai berikut :

1. Untuk membersihkan. Ini sebagaimana arti zakat secara bahasa yaitu menyucikan. Zakat maal itu menyucikan harta seseorang dari kotoran yang ada padanya. Sedangkan zakat fitrah menyucikan orang yang berpuasa. Dan zakat juga bisa diartikan dengan makna “Numuwu” artinya tumbuh dan berkembang. Artinya, orang yang berzakat akan menjadikan diri dan hartanya menjadi semakin tumbuh dan berkembang.

2. Sebagai bentuk ketaatan kepada Allah. Orang yang dengan ikhlas mengeluarkan zakatnya berarti telah mengerjakan rukun Islam. Melaksanakan rukun Islam menunjukkan sebuah ketundukan dan ketaatan kepada Allah yang telah menciptakannya. Taat dan patuh kepada perintah pencipta adalah gambaran hamba yang sesungguhnya.

3. Sebagai langkah untuk menghapus dosa. Hal ini sebagaimana disebutkan pada surat Al Maidah ayat 12 berikut :

 وَلَقَدْ اَخَذَ اللّٰهُ مِيْثَاقَ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَۚ وَبَعَثْنَا مِنْهُمُ اثْنَيْ عَشَرَ نَقِيْبًاۗ وَقَالَ اللّٰهُ اِنِّيْ مَعَكُمْ ۗ لَىِٕنْ اَقَمْتُمُ الصَّلٰوةَ وَاٰتَيْتُمُ الزَّكٰوةَ وَاٰمَنْتُمْ بِرُسُلِيْ وَعَزَّرْتُمُوْهُمْ وَاَقْرَضْتُمُ اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا لَّاُكَفِّرَنَّ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَلَاُدْخِلَنَّكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۚ فَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذٰلِكَ مِنْكُمْ فَقَدْ ضَلَّ سَوَاۤءَ السَّبِيْلِ

Terjemahan :
Dan sungguh, Allah telah mengambil perjanjian dari Bani Israil dan Kami telah mengangkat dua belas orang pemimpin di antara mereka. Dan Allah berfirman, “Aku bersamamu.” Sungguh, jika kamu melaksanakan salat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, pasti akan Aku hapus kesalahan-kesalahanmu, dan pasti akan Aku masukkan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Tetapi barangsiapa kafir di antaramu setelah itu, maka sesungguhnya dia telah tersesat dari jalan yang lurus.”

Wallahu A’lam
Fath

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA