4 Tips Agar Kamu Tebiasa Sholat Tahajud

0
128
banner post atas

Bagi ummat Islam, sholat merupakan suatu hal yang sangat wajib dilakukan pada 5 waktu setiap harinya. Sholat juga tertera dalam rukun islam yakni setelah membaca kedua kalimat syahadat.

Selain sholat 5 waktu yang wajib dilakukan, terdapat beberapa sholat sunnah yang memiliki makna penting didalamnya seperti sholat sunnah Tahajud yang dilakukan pada malam hari selepas waktu sholat Isya dan harus tidur terlebih dahulu.

Sholat ini memiliki sisi pentingnya tersendiri dan hanya beberapa saja yang bangun dan mengerjakan amalan sunnah ini.

Iklan

Untuk kamu yang ingin sekali membiasakan diri untuk bangun melaksanakan sholat tahajud, Nah ada tipsnya nih biar kamu jadi rajin dan terbiasa melaksanakan sholat tahajud. Berikut 4 Tips agar kamu terbiasa sholat tahajud :

1. Tidur Lebih Awal

Usahakan tidur lebih cepat sekitar jam 8-9 malam dan hindari begadang.

“Bahwasanya Rasulullah membenci tidur malam sebelum (shalat isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya (begadang).” (HR. Bukhari & Muslim)

2. Tidur Siang

Qailullah atau tidur siang selain dapat mengurangi jumlah tidur di malam hari, hal itu juga merupakan sunnah. Sebaiknya dilakukan hanya sebentar yakni sekitar 10-15 menit. Waktu yang pas adalah 30 menit sebelum masuk adzan dzuhur.

3. Memasang Alarm

Pasanglah alarm beberapa kali dengan durasi tiap 10 menit sekali dan letakkan agak jauh dari tempat tidur agar memaksa kita untuk bangun mematikan alarmnya.

Sediakan juga air dalam mangkuk dan pada saat kita bangun usapkan ke wajah agar rasa kantuk bisa hilang.

4. Konsisten dan bertahap.

Bangun kebiasaan dengan mengerjakan sholat tahajud secara konsisten dan bertahap mulai dari seminggu sekali, seminggu dua kali, seminggu tiga kali dan seterusnya hingga kalian terbiasa melaksanakan sholat malam setiap hari.

Nah itu dia tipsnya ,selain 4 tips diatas ada juga nih khasiat jika kamu sering sholat tahajud :

1. Doamu mudah di dengar dan sangat mudah dikabulkan, karena pada waktu itu Allah turun langsung kelangit dunia.

2. Wajahmu akan bersinar siang hari

3. Masuk surga dengan selamat.

4. Pikiran jauh lebih segar.

5. Dapat Cinta Allah.

Sholat tahajud itu perlu dipaksa, sampailah ke tahap kamu rasa ianya keperluan (hidup tidak lengkap tanpa tahajud) dan akhirnya kamu akan temui keikhlasan menjalaninya.