DUNIA MAYA TERASA DUNIA NYATA Oleh : Marolah Abu Akrom (Direktur RQL dan Pengasuh Ponpes NW Jakarta)

banner post atas

Sinar5News.com.Hampir seluruh manusia di dunia ini setiap detik berhubungan dengan dunia maya. Dunia maya itu sesungguhnya dunia yang dijalankan oleh kerja mesin yang ada dikomputer, laptop dan handphone.

Di era modern sekarang ini dunia maya memang tidak bisa dihindari merupakan kebutuhan yang sangat penting. Seluruh program hidup manusia sudah dijalankan oleh kerja mesin yang ada di dunia maya. Apapun yang kita inginkan telah tersedia dengan rapi, lengkap dan tersistem secara otomatis.

Bagi orang yang pandai memanfaatkan kemudahan dalam dunia maya, tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi, juga akan digunakan mencari sebanya-banyaknya berita, ilmu, informasi dan lain-lain. Sehingga hari demi hari selalu bertambah pengetahuan dan wawasan dalam berbagai hal.

Iklan

Dalam hal ini agama sedikitpun tidak mempermasalahkan asal digunakan untuk hal-hal yang positif. Kalau dengan dunia maya membuat hidup menjadi malas, ibadah terbengkalai, tugas-tugas jadi berantakan, hubungan kepada sesama menjadi rusak, masa depan hancur, maka jelas ini di larang dalam agama. Biasanya yang merusak moral manusia terutama anak-anak remaja, karena yang dilihat dan dibaca adalah yang bersifat pornografi atau bermain game terlalu lama hingga lupa waktu bergadang sampai pagi akhirnya sekolah menjadi tidak fokus, dikelas bukannya belajar malah tidur. Na’udzubillah.

Walaupun kita sangat ketergantungan dengan dunia maya. Jangan sekali-kali melupakan dunia nyata. Kita harus pandai-pandai membagi waktu. Apalagi ketika kita bersama keluarga manfaatkan komunikasi yang hangat, saling bertegur sapa, saling menunjukkan kasih sayang, saling membantu, saling mendukung dan saling bekerjasama. Untuk sementara hentikan dulu alat komunikasi demi menjaga keharmonisan dalam berumah tangga.

Karena pada kenyataannya banyak keluarga yang egois mementingkan diri sendiri, lebih asyik dengan handphonenya daripada melakukan kontak dengan orang-orang yang dicintai. Akhirnya tidak ada komunikasi yang indah terbangun antara suami dan istri, antara orang tua dan anak. Biasanya kalau sudah seperti ini, keluarga itu akan berantakan karena masing-masing sibuk dengan dunia mayanya.

BACA JUGA  Lotim : Pasien Positif Covid-19 Yang Baru, Dari Klaster Madura.

Semoga uraian hikmah hari ini, dapat dijadikan sebagai evaluasi untuk dapat menggunakan dunia maya sesuai dengan fungsinya.

Jakarta, 1 Rabiul Awwal 1441 H/31 Oktober 2019 M.