Ustaz Rifki Farabi Lc: Adab dan Akhlak Kunci Keberkahan Ilmu

Sinar5news.com – Lombok Timur – Ketua Umum Pemuda Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiah (NWDI) Ustadz Muhammad Rifqi Farabi, Lc melakukan safari Silaturahmi bertempat di Pondok Pesantren Tajul Karomah NWDI Desa Denggen Kecamatan Selong, Lombok Timur. Dihadiri ratusan jamaah dan santri. Ahad (22/01/2023)

Iklan

Pimpinan Pondok Pesantren Tajul Karomah TGH.M.Supnawadi Yusuf Akbar, dalam kata sambutannya Ponpes Tajul Karomah ini berdiri atas inspirasi dari guru besar kita maulana Syaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid.

“Semoga keberkahan wirid dan doa yang telah diijazahkan oleh para guru kita, kita memperoleh ilmu yang berkah” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Umum Pemuda NWDI Rifqi Farabi dalam Tausiyahnya berharap dan mendoakan Semoga Pondok Pesantren Tajul Karomah ini nantinya akan mencetak kader-kader terbaik yang bermanfaat bagi dirinya, pondoknya dan masyarakat banyak.

“Untuk mencapai kemuliaan harus dengan niat yang mulia dan dicapai dengan usaha-usaha yang mulia,”ujarnya.

Guru-guru kita telah memberikan dua pondasi yang harus ditanamkan oleh para santri yakni adab dan ahlak, Karena tidak ada kunci yang paling bisa membuka pintu-pintu keberkahan kecuali dengan adab dan ahlak.

“Hak guru untuk tawaduk namun kewajiban bagi murid untuk menghormati guru,”tegasnya.

Para Santri harus punya dua bekal yaknie berbekal Keilmuan dan ilmu pengetahuan, gagasan, konsep pemikiran, dan lainnya.

“Ada yang mau menjadi ahli fiqih, ada caranya maka pelajari itu, ada yang mau menjadi Hafiz Al-Qur’an, ada caranya maka pelajari itu, ada yang mau menjadi Dokter ada caranya maka pelajari itu semua,”pesannya.

Berbekal cara berfikir yang kreatif dan inovatif tidak ada yang bisa membawa kita kepada arah yang kita tuju kecuali dengan ilmu pengetahuan dan pola pikir yang kreatif dan inovatif dan tentu dihiasi dengan adab dan ahlak. 

“Kedua hal ini yang akan mengantarkan kepada kebahagiaan dunia dan akhirat,”pungkasnya.(red)