TPA AT TAWABIN NW BEKASI SOLUSI MENGATASI ARUS GLOBALISASI

banner post atas

Oleh : Naufal Dzakwan Zakiyanto (Santri TPA At Tawwabin NW Bekasi)

Perkembangan zaman yang semakin pesat membuat segalanya menjadi lebih mudah diakses kapanpun dan dimanapun. Hampir semua dapat dijangkau dengan cepat dan instan, bahkan komunikasi dengan tempat yang jauh seakan menjadi dekat karena hadirnya perkembangan teknologi dan arus globalisasi.

Namun ibarat pisau bermata dua, selain membawa dampak positif, juga membawa dampak negatif yang harus di waspadai. Apabila tidak disiasati dengan baik, maka ada kemungkinan remaja dan generasi muda penerus bangsa ini dapat terancam kualitas mental maupun fisiknya. Oleh karena itu, selain membekali diri dengan pendidikan umum, hendaknya dilengkapi dengan bekal pendidikan agama. Jika tidak, keadaan lingkungan lambat laun akan menjadi tidak sehat dan berdampak buruk bagi mental kepribadian generasi muda. Maka untuk berlepas diri dari hal itu, hendaknya dicarikan solusinya, misalnya dengan mendirikan suatu lembaga yang bertujuan untuk memberikan proteksi dan pembinaan secara intens demi melahirkan generasi muda yang berkepribadian mulia, mandiri dan bertanggung jawab.

Iklan

Ternyata solusi tersebut bukan hanya sekedar wacana atau omong kosong belaka. Di daerah Bekasi tepatnya di Permuhan Villa Gading Harapan 2, Sriamur, Tambun Utara, Bekasi, Jawa Barat telah berdiri suatu lembaga untuk menuntut ilmu agama yang sangat penting keberadaannya bagi anak-anak dan generasi muda. Lembaga tersebut bernama TPA At Tawwabin NW Bekasi, yang diasuh oleh guru-guru yang handal dan senantiasa tulus membagikan ilmunya untuk para penerus generasi bangsa. Jumlah santrinyapun terbilang cukup banyak dari usia TK, SD, SMP dan SMA.

Dalam mengikuti proses pembelajaran, mereka selalu senang, bersemangat dan disiplin dalam memanfaatkan waktu yang ada. Pembelajaran berlangsung selama 5 hari mulai dari Senin sampai Jumat setip pekan. Hari senin, selasa belajar Al Quran, Rabu belajar Tahfizh, Kamis membaca hizib dan Jumat belajar Tajwid, Aqidah, Akhlak, Fiqih dan sejarah Islam.

Seperti itulah keseharian para santri At Tawabin, mereka benar-benar memanfaatkan waktu yang sangat berharga dan senantiasa antusias mengikuti semua kegiatan pembelajaran. Hal ini bertujuan agar mereka dapat membentengi diri dengan aqidah keimanan yang mapan, sehingga tidak terpengaruh oleh dampak negatif arus globalisasi yang meluas terjadi di akhir zaman ini. Pokoknya NW, Pokok NW Iman dan Taqwa. Nahdlatul Wathan filkhair, Nahdlatul Wathan fastabiqul kahirat.

Bekasi, 11 Shafar 1442 H/28 September 2020 M