TA’LIM TAHSIN AL QURAN MASJID DARUL ARQAM MENENTRAMKAN BATIN

banner post atas

Sinar5news.com – Masjid Darul Arqam yang terletak di Jl. Nusa Indah 7 RW. 03, Kel. Malaka Jaya, Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur, padat sekali dengan kegiatan ta’lim setiap hari dan setiap malam. Kajiannya banyak dan beragam mulai dari tafsir, hadits, fiqih, sirah nabi, bahasa Arab, tahsin Al Quran dan lain-lain. Dengan banyaknya ta’lim di masjid ini dapat diumpamakan seperti layaknya pondok pesantren. Nara sumbernyapun orang-orang pilihan yang berkompeten dibidangnya, mereka adalah para alumni pondok pesantren dan perguruan tinggi, baik dalam mapun luar negeri.

Sepengetahuan penulis, disamping masjid Darul Arqam sangat padat dengan kegiatan ta’lim, juga terdapat kegiatan sosial seperti santunan untuk anak yatim dan membantu orang-orang yang mengalami mushibah. Demikian juga masjid ini banyak sekali jamaah yang hadir mengikuti shalat fardhu lima waktu, bahkan khusus waktu magrib jamaahnya bisa membludak hingga serambi masjid.

Iklan

Penulis sendiri di masjid Darul Arqam dipercaya oleh pengurus dan jama’ah untuk mengajar tahsin Al Quran sejak tahun 2006 sampai sekarang, alhamdulillah.

Dalam pelajaran tahsin Al Quran ini, para jama’ah sangat semangat dan penuh istiqamah mengikutinya. Walaupun terkadang keadaan sibuk, hujan dan lain-lain, jama’ah tetap menyempatkan waktu untuk hadir dengan penuh kesabaran.

Salah seorang jama’ah tahsin yang bernama Bp. Kamijo ketika diwawancara oleh media Sinar5News.com menyampaikan bersyukur sekali bisa terus mengikuti pelajaran tahsin setiap malam Ahad ba’da Magrib. Beliau merasakan dengan belajar tahsin, para jama’ah benar-benar dibimbing bagaimana mengucapkan huruf-huruf Al Quran sesuai dengan makhraj dan shifatnya. Disisi lain dengan belajar tahsin suasana batin menjadi tentram, tenang dan damai dengan lantunan ayat-ayat Al Quran yang dibaca dengan tartil dan nagam (lagu) yang indah sesuai dengan maqam (standar) lagu Al Quran yang telah ditetapkan oleh ulama’ qurra’.

BACA JUGA  Tim Puma Polres Sumbawa Amankan ZN Terduga Pelaku Anirat

Yang membuat belajar tahsin ini terus eksis dan mampu bertahan sampai 13 tahun sekarang ini, disamping karena antusiasme para jama’ah, juga karena ketua DKM Masjid Darul Arqam Bp. H. Suprapto yang selalu hadir menyempatkan diri belajar tahsin, sehingga kehadirannya menjadi sumber motivasi dan semangat bagi para jama’ah.

Semoga masjid Darul Arqam terus istiqamah melaksanakan berbagai kegiatan yang positif demi tegaknya syiar Islam hingga akhir masa (qiyamat). Aamiin (Amr)

Bekasi, 15 Jumadiln Awal 1441/12 Januari 2020 M