Sosiawan Putraji,ST : Targetkan Sembilan Paket DAK 2021 Rampung Bulan Juli 2021.

Foto : Sosiawan Putraji,ST (Kepala Bidang Pengairan PUPR Lotim-NTB)
banner post atas

Sinar5news.Com – Lombok Timur – Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat(NTB) mendorong semua instansi untuk mempercepat perencanaan dan pelelangan paket proyek diinstansi masing-masing, sehingga pengerjaan pembanguna tepat waktu dan tepat manfaat. Dorongan itu dilakukan Pemda mengingat tidak jarang Pekerjaan proyek molor, karena masa tender atau lelang terlambat.

Kepala Bidang Pengairan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lombok Timur, Sosiawan Putraji,ST telah mewujudkan keinginginan Bupati dan Wakil Bupati untuk menuntaskan proses lelang diawal tahun. Hal itu dibuktikan dengan telah selesainya masa lelang untuk beberapa paket pekerjaan yang akan dikerjakan di tahun 2021 ini.

“Alhamdlillah Kami disini sudah menyelesaikan tahapan lelang melalui LPSE dan InsyaAllah bulan Februari kami sudah tanda tangan kontrak. Kenapa proses lelang ini cepat karena paket ini sudah kami rencanakan atau kami siapkan sejak tahun 2020, sehingga begitu masuk bulan Januari kami langsung lakukan tender atau lelang. Dan pekerjaan ini kami targetkan bulan Julia atau Agustus 2021 sudah selesai,”ungkan Sosiawan Putraji Kepada wartawan dikantornya. Rabu (27/01/2021).

Iklan

Sosiawan Putraji menjelaskan total DAK (Dana Alokasi Khusus) tahun 2021 sebanyak Rp.18,5 miliar. Yang terdiri dari 9 paket pisik pekerjaan dan sisanya untuk paket penunjang biaya DED dan UKL UPL untuk pembangunan ditahun 2022 nanti.

Menurut Ucik Panggilan Akrab Sosiawan Putraji. Yang 9 paket ini tersebar di 13 Desa dan 8 Kecamatan diantaranya untuk rehabilitasi jaringan irigasi Rungkang Kecamatan Sikur dan Desa Kesik Kecamatan Masbagik sepanjang 2.186 meter. Jaringan irigasi Kondak di Desa Lepak dan Desa Surabaya utara, Kecamatan Sakra Timur,2.785 meter. Jaringan irigasi Rengan,Desa Mamben Daya,Kecamatan Wanasaba, 855 meter. Rehabilitasi Jaringan irigasi Camek,Kecamatan Montong Gading 2.000 meter.

BACA JUGA  Mengukuhkan Semangat Kebersamaan Himalo Reborn

Berikutnya Rehabilitasi Jaringan Irigasi Beleong, Kelurahan Suryawangi dan Desa Banjar Sari, Kecamatan Labuhan Haji 2.760 meter. Jaringan Irigasi Meloang I Desa Toya, Kecamatan Aikmel Utara 1.655 mtr. Rehabilitasi Jaringan Irigasi Gegek III,Desa Jenggik Utara dan Desa Perian Kecamatan Montong Gading 890 meter, Jaringan Irigasi Rugah Desa Masbagik timur, 1.100 meter dan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Embung Trijaya, Desa Jenggik Kecamatan Terara,410 meter.

Sementara itu total areal yang akan diairi oleh 9 paket Rehabilitasi Jaringan dimaksud diantaranya Jaringan Irigasi Rungkang akan mengairi lahan seluas 361 Hektar(Ha), Jaringan Irigasi Kondak 244 Ha, jaringan Irigasi Rengan 223 Ha, Jaringan Irigasi Camek 210 Ha, Jaringan Irigasi Beleong akan mengairi lahan 200 Ha, Jaringan Irigasi Meleong I 168 Ha,Jaringan Irigasi Gegek III mengairi 145 Ha, Jaringan Irigasi Rugah mengairi 132 Ha dan Jaringan Irigasi Embung Trijaya mengairi lahan 128 Ha.   

Ia juga menambahkan dari DAK yang Rp.18,5 Miliar itu dapat merehabilitasi jaringan irigasi atau Output Kegiatan sepanjang 14.641 meter (14,6 Km –red) dan Outcome Kegiatan 1.811 hektar.

Kabid Pengairan PUPR Lombok Timur Sosiawan Putraji mengatakan, DAK Tahun 2021 ini pada bulan Februari mendatang, sudah masuk tahap menandatangani kontrak, dan tahapan berikutnya mengundang Kepala Desa dan Camat untuk dilakukan sosialisasi, dengan tetap mengedepankan protocol kesehatan cegah Covid-19.

“Karena sekarang masih situasi Covid-19, Jadi sosialisasi ini tidak mungkin saya gabung jadi satu,paling tidak ada dua tahap sosialisasi nantinya,yakni sosialisasi prakonstruksi disini (Kantor PUPR-red), setelah itu nanti masing-masing direksi dan pengawas dor todor kebawah agar melibatkan Kadus dan Kades setempat untuk penyerapan tenaga lokal, bahkan tidak menutup kemungkinan kalau potensi itu ada, material juga dipasok dari daerah setempat,” tutupnya. (Bul)   

BACA JUGA  PBNW Adakan Hiziban Akbar : Berdoa Untuk Indonesia dan Dunia Agar Bebas dari Covid-19