SMA NW JKT; Ujian Tahfidz Menuntaskan Pendidikan Terakhir

banner post atas

Hari ini rabu (13/5/20) adalah hari yang ketiga dari berlangsungnya ujian tahfidz alqur’an sebagai satu persyaratan untuk bisa mendapatkan ijazah angkatan tahun pelajaran 2019-2020. Ini adalah merupakan ujian tahap pertama dari beberapa gelombang yang direncanakan oleh tim penguji dari SMA Nahdlatul wathan beserta kesepakatan para dewan guru dan kepala sekolah.

Dalam tahap pertama ini diikuti oleh 16 peserta dari kelas 12 yang lulus tahun ini, baik itu dari jurusan ipa dan ips. Mereka akan diuji lewat online via video cell oleh tim penguji dimulai dari sekitar jam 10.00 sampai selesai.

Adapun tim penguji yang sudah ditetapkan oleh SMA Nahdlatul Wathan berjumlah lima orang penguji. Mereka bertugas menyimak bacaan dan hafalan peserta sekitar juz 30. Masing-masing peserta akan diuji oleh dua penguji yaitu penguji satu dan menguji dua.

Iklan

Adapun diantara nama-nama penguji yang sudah dipercaya diberikan mandat Oleh Sekolah adalah Ust. Sugi,M.Sos, Ust. Hifzon, M. Hum, Ust. Ahmad Madani, S. Pdi, Ust. Subkhi dan Ustadzah zaharah, S. Pd.

Beberapa ketentuan dari proses pengujian adalah di mulai oleh menguji 1, Setelah dinyatakan lolos dari penguji 1 baru dilanjutkan kepada penguji 2. Jika dua penguji tersebut lolos, maka barulah peserta dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat, serta dinyatakan sudah menyelesaikan satu persyaratan untuk dapat mengambil ijazah.

Adapun bagi peserta yang dinyatan tidak lulus dari salah satu penguji, maka dia akan mengikuti ujian susulan berikutnya sampai dinyatakan lulus oleh penguji.

Persyaratan tersebut diatas memang terlihat agak berat, namun memiliki dampak positif yang sangat luar biasa bagi output- output dari peserta didik yang sudah mampu menyelesaikan hafalan juz 30. Karena harapan dari sekolah setelah mereka tamat dari SMA Nahdlatul wathan mereka sudah bisa terjun di masyarakat, bisa memimpin imam sholat dengan modal hafalan juz 30 yang sudah dihafal di bangku SMA.

Harapannya mudah-mudahan para peserta diberikan kemudahan dalam menghafal dan menjawab pertanyaan penguji. Semuanya lulus 100% bisa menghafal dengan baik dan benar. Fath

BACA JUGA  Renungan Seorang Musafir : Cara Hidup