SEDEKAH YANG PALING TINGGI NILAINYA Oleh : Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, MA

banner post atas

Sudah bermacam-bermacam amal sedekah yang telah disebutkan dalam beberapa uraian sebelumnya, mulai dari yang kecil hingga yang besar, mulai dari bersifat materi hingga yang bersifat non-materi, mulai dari amal yang dilakukan dengan tangan dan kaki maupun yang dilakukan dengan lidah. Dari sekia banyak amal yang menjadi sedekah itu, ada amal yang nilainya sangat luar biasa, yaitu pahalanya mengisi ruang yang ada di antara langit dan bumi.

Amal apa itu? Inilah amal itu, yang dinyatakan oleh Rasulullah di dalam salah satu hadisnya, sebagai berikut:

عَنِ الْحَسَنِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِأَبِي بَكْرٍ: «أَلَّا أَدُلُّكَ عَلَى صَدَقَةٍ تَمْلَأُ مَا بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ؟ سُبْحَانَ اللَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ فِي يَوْمٍ ثَلَاثِينَ مَرَّةً». رواه ابن أبي شيبة

Iklan

Dari al-Hasan, dia berkata bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda: “Tidakkah aku pernah menunjukkan kepadamu suatu sedekah, yang pahalanya memenuhi ruang yang ada di antara langit dan bumi? Sedekah itu adalah membaca kalimat zikir ini sebanyak 30 kali dalam sehari:
سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ
(Segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan yang disembah selain Allah, Allah Yang Maha Besar, dan tidak ada perlindungan dan tidak ada kekuatan kecuali bersama Allah Swt.) HR. Ibn Abu Syaibah.

Kalimat zikir di atas terdiri atas lima kalimat, yang setiap kalimat terdapat kata الله. Jika Anda membaca kalimat di atas sebanyak 30 kali dalam sehari, maka Anda mendapat pahala yang memenuhi ruang antara langit dan bumi ini. Kalimat ini sangat sederhana, sangat simple, dan sangat mudah dibaca, tetapi pahala yang diperoleh pembacanya sangat besar.

BACA JUGA  BELAJAR BAHASA ARAB (5) DIMANA KAMU TINGGAL (أَيْنَ تَسْكُنُ ؟ )

Kalimat zikir ini juga dapat Anda baca ketika menghadapi berbagai persoalan-persoalan hidup dan berbagai kesulitan yang dialami, yang sepertinya sulit kita pecahkan secara akal. Bacalah selalu lima kalimat ini dan basahilah lidahmu selalu dengan membaca dan berzikir dengan kalimat ini. Insya Allah, Anda dimudahkan Allah, diberi jalan keluar dari persoalan itu dengan petunjuk Allah. Selamat mengamalkan, dan semoga makbul.