Ramadhan Adalah Bulan Kesabaran

banner post atas

Bulan puasa adalah salah satu bulan istimewa yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan bulan – bulan yang lain. Keutamaan tersebut juga merupakan anugerah keistimewaan tersendiri bagi ummat yang istimewa yaitu umat Islam.

Adapun diantara cara untuk mendapatkan keistimewaan yang ada di bulan Ramadhan adalah dengan melatih diri untuk selalu bersabar dalam menjalankannya. Sabar merupakan salah satu langkah terhebat untuk mendapatkan keutamaan yang ada di bulan Ramadhan.

Dalam berpuasa kita menahan diri untuk tidak makan, tidak minum dan tidak berhubungan badan dengan istri. Bahkan puasa yang lebih hebat adalah menahan diri dari perkataan dan perbuatan yang bisa mencederai rusaknya pahala puasa. Menahan diri dari semua hal yang telah tersebut tidak akan bisa terealisasi dengan baik jika tidak dilandasi dengan sifat sabar. Dalam sebuah hadits disebutkan ;

Iklan

عن أبي قتادة رضي اللَّه عنه قال، قال رسول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :
((صَوْمُ شَهْرِ الصَّبْرِ وَثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ صَوْمُ الدَّهْرِ))

Dari  Abu Qatadah radhiyallahu anhu berkata, berkata rasulullah shallallahu alaihi wasallam :
“Puasa bulan kesabaran dan puasa tiga hari di setiap bulan adalah puasa sepanjang tahun”. [Musnad Imam Ahmad  (7567، 8965) dan Imam Muslim  (1162), dan ini lafadz riwayat Imam Ahmad].

Pelajaran yang terdapat didalam hadist:

1- Adalah sebuah anugerah yang besar ketika seorang hamba menjumpai bulan Ramadhan yang diberkahi ini, karena ia akan memetik sekian banyak faedah yang besar jika ia benar-benar memanfaatkan bulan yang agung ini untuk beribadah kepada Allah dengan sebaik-baiknya.
2- Diantara faedah yang besar itu adalah diraihnya KESABARAN, baik dalam melakukan ketaatan kepada Allah, menjauhi kemaksiatan maupun didalam menghadapi taqdir Allah yang terasa berat dirasa oleh seorang hamba.
3- Ketiga hal ini -yang mengumpulkan seluruh ajaran agama Islam ini- tidaklah bisa terlaksana kecuali dengan kesabaran.
4- Sesungguhnya kesabaran adalah asas yang terbesar bagi setiap akhlak yang indah dan bagi upaya menghindari akhlak yang hina. Dan sabar itu adalah menahan diri dari perkara yang tidak disukai oleh hawa nafsu dan menyelisihi seleranya, dalam rangka meraih ridho Allah dan pahalanya.
5- Sesungguhnya bulan Ramadhan adalah madrasah yang agung dan bangunan (keimanan) yang tinggi, yang para hamba mengambil darinya banyak ibroh dan pelajaran bermanfaat yang mendidik jiwa dan meluruskannya pada bulan Ramadhan ini dan di sisa umurnya. Dan salah satu (pelajaran besar) yang diambil oleh orang-orang yang berpuasa di bulan yang agung dan musim yang diberkahi ini adalah membiasakan diri dan membawanya kepada kesabaran, oleh karena itu , terdapat dalam beberapa Hadits, (bahwa) Nabi yang sangat penyayang –shallallahu ‘alaihi wa sallam- mensifati bulan Ramadhan dengan “bulan kesabaran”.

BACA JUGA  Para Pengusaha Media Online Dukung Eddi Ganefo Sebagai Ketum Kadin

Tema hadist yang berkaitan dengan Al qur’an :

1- Akan diberikan pahala yang banyak kepada orang yang sabar tanpa menentukan kadarnya.

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas (Az-Zumar: 10)

2- Perintah ini tidak dapat diterima, tidak dapat pula diamalkan kecuali hanyalah oleh orang yang sabar dalam menjalaninya, obyek sabar: sabar dalam ketaatan, sabar tidak berbuat maksiat,  sabar didalam menghadapi taqdir Allah yang terasa berat dirasa oleh seorang hamba. Karena sesungguhnya hal ini amat berat pengamalannya.

وَمَا يُلَقَّاهَا إِلا الَّذِينَ صَبَرُوا وَمَا يُلَقَّاهَا إِلا ذُو حَظٍّ عَظِيمٍ

“Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar, dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar.” (QS. Fussilat:35)

Demikian pentingnya sabar sebagai alat untuk memperoleh keutamaan dalam beramal, memaksa kita untuk harus berusaha semaksimal mungkin melandasi setiap ibadah yang dilakukan dengan sifat sabar.

Fath