Rakor Cegah Virus Corona Deseare 2019(Covid 19) Di Gelar Pemkab. Lombok Timur NTB.

FOTO : Jajaran Forkopimda Lotim
banner post atas

Sinar5news.com – Selong – Menindak lanjuti hasil Rapat Pimpinan Khusus(Rapimsus) bersama Gubernur NTB,Pemerintah Kabupaten Lombok Timur melakukan Rapat Koordinasi dalam upaya Pencegahan dan Penularan Virus Covid-19 yang dipimpin langsung oleh Sekertaris daerah(Sekda) Lotim,Drs.H.M.Juaini Taofik,M.AP hadir juga daalaam acara tersebut Ketua DPRD Lombok Timur dan Forkopimda,Kepala OPD dan Camat se kabupaten Lombok Timur bertempat di Rupatam kantor Bupati. Senin(16/03/2020).

Foto : Peserta Rakor

Sekda Juaini Taofik dalam kata sambutannya mengharapkan kepada masyarakat untuk tidak panik dalm menghadapi situasi saat ini. Sebab pemerintah daerah Lombok Timur sudah mempertibangkan segala hal dalam upaya pencegahan mewabahnya virus corona tersebut.

“Kita sudah melakukan pengetatan terhadap pintu masuk wilayah Lombok Timur dan kesiapan RSUD dr.Soejono Selong sebagai Rumah Sakit Rujukan yang ditunjuk oleh pemerintah,dan meliburkan murid-murid sekolah kecuali yang akan menghadapi ujian,serta menunda kegiatan yang mengumpulkan orang dalam jumlah banyak,” Ungkap Sekda.

Iklan
FOTO : Drs.H.M.Juaini Taofik,M.AP ( Sekda Lotim )

Ia juga menambahkan meskipun dilakukan pengetatan terhadap pintu masuk ke Lombok timur, namun untuk arus lalu lintas barang terutama yang membawa bahan kebutuhan pokok masyarakat tetap dijamin kelancarannya.

“Saya berharap dukungan OPD juga untuk menjaga stabilitas dan ketersediaan kebutuhan pokok melalui operasi pasar akan kita gelar. Langkah ini menjadi bagian dari menjaga psikologis masyarakat,dan kita minta kepada rekan-rekan media sebagai sumber informasi agar mendukung upaya pemerintah untuk menjaga kondusivitas,utamanya psikologis masyarakat melalui pemberitaan,” Harapnya.

FOTO : Peserta Rakor

Dari sisi pendanaan BPKAD memastikan akan melakukan perubahan anggaran pada masing-masing OPD yang terkait dengan pencegahan Covid 19,sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Keuangan No.6/KM.7/2020 tentang penyaluran DAK Fisik Bidang Kesehatan dan Bantuan Operasional Kesehatan dalam Rangka Pencegahan dan atau Penanganan Corona Virus Disease 2019(Covid 19).

BACA JUGA  Ini Kata Dokter : Virus Corona Tidak Menular Lewat Makanan

“Penggunaan DAK Fisik dapat dilakukan melalui revisi rencana kegiatan. Apabila belum terdapat menu kegiatan untuk pencegahan dan atau penanganan Covid 19, Pemda dapat menambah menu tersebut secara langsung,” Pungkas Sekda yang juga mantan Kepala BPKAD Lotim.(Bul)