Rakercab PCNW Sikur : Bekerjalah Kolektif Kolegial Dengan Yakin,Ikhlas dan Istiqomah.

Foto : M.Rosyidi,S.Sos.I,(Ketua I) H.Salman (Ketua II), H.Mahrup,S.ag,M.Pd (Ketum PCNW Sikur) TGKH.M.Husnan,SS,M.Pd (Bendahara)
banner post atas

Sinar5news.Com – Lombok Timur – Pengurus Cabang Nahdlatul Wathan(PCNW) Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat(NTB) melakukan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) membahas program Cabang untuk lima tahun kedepan, dengan titik program sesuai AD/ART Nahdlatul Wathan yakni bidang Pendidikan,Sosial dan Da’wah serta pengembangan ekonomi ummat. Bertempat di SMK NW Bajang Ajan Desa Loyok. Ahad (03/01/2020).

Foto : Peserta Rakercab PCNW Kecamatan Sikur.

Ketua Umum PCNW Kecamatan Sikur, H.Mahrup,S.Ag,M.Pd, dalam arahannya mengingatkan kepada Pengurus Cabang Masa Bakti 2020-2025 untuk bekerja secara kolektif kolegial diantara semua majlis yang ada, baik Majlis,Pendidikan, Sosial dan Da’wah dan Majlis Ekonomi.

“Dalam kepengurusan ini kita harus bekerja secara kolektif kolegial dengan tidak menyalahkan yang satu dan lainnya, meskipun berada pada majelis tertentu harus juga membantu kepada majlis yang lainnya jika membutuhkan bantuan pemikiran dan pekerjakan. Karena dasar kerja kita menjunjung amanah Maulanasyaikh yakni Yakin,Ikhlas dan Istiqomah,” ungkapnya.

Iklan

Seusai melakukan penyusunan program kerja dilanjutkan dengan Pleno untuk menetapkan program PCNW Sikur lima tahun kedepan yang dibagi dalam Program jangka Pendek dan Jangka Panjang. Dimana dari bidang Organisasi ditetapkan untuk melakukan pendataan jumlah jamaah NW di Kecamatan Sikur secara Riil, mendorong Anak Cabang NW se Kecamatan Sikur yang sudah habis masa Baktinya untuk segera melakukan Musyawarah Tingkat Anak Cabang untuk memilih pengurus yang baru.

Bagian organisasi juga akan mengusahakan Kantor Cabang NW Kecamatan sikur ditempat yang strategis, denga tujuan untuk menertibkan administrasi karena selama ini Kantor Cabang selalu berada di Rumah Ketua cabang yang sedang menjabat, dan pada setiap rumah jamaah NW diharapkan bahkan diwajibkan untuk memasang Foto Guru Besar Kita Almagfurullah Maulanasyaikh TGKH.Muhammad Zainuddin Abdul Majid.

BACA JUGA  TGH.Habib Ziadi Hadiri Acara Maulid dan Haul TGH.M.Ridwan Salim Sengkol.

Sedang dari Majlis Pendidikan merekomendasikan untuk mendata jumlah madrasah dari tingkat RA hingga Sekolah Lanjutan Atas, termasuk jumlah Murid,Guru dan karyawan serta Nomor NPSN Madrasah. Melakukan Silaturrahmi Ke Pondok Pesantren dan Madrasah-madrasah yang ada di Kecamatan Sikur. Serta memperjuangkan Santri yang berprestasi dari Keluarga tidak mampu untuk diberikan beasiswa.

Untuk Bidang Majlis Sosial akan melakukan pendataan jumlah anak yatim piatu dan orang tua jompo dan memprogramkan santunan kepada anak yatim dan orang tua jompo maksimal sekali dalam setahun, melakukan kerjasama denga Pihak Puskesmas untuk melakukan pembersihan lingkungan serta mebentuk tim tanggap darurat untuk memberikan bantuan jika terjadi bencana alam dan musibah lainnya.

Di Bidang Da’wah memprogramkan untuk menghidupkan semua majlis ta’lim dan majlis da’wah yang pernah ada pada Zaman Almagfurullah selama hanyatnya, mendorong semua jama’ah Hiziban di masjid dan musholla atau tempat lainnya sekali dalam sepekan. Serta membentuk Ikatan Da’wah Muda (IDM) yang akan disiapkan kedepan untuk mengisi majlis pengajian dimadrasyah serta mengadakan Tahfiz Alqur’an.

Majlis Ekonomi dalam rekomnya mengajukan program pembentukan Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) sebagai wadah ekonomi Madrasyah yang dibantu pengembangannya oleh Cabang dalam upaya menanamkan wirausaha baru bagi para santri. Serta mengarahkan keterlibatan para jamaah NW untuk membentuk kelompok tani dan ternak, sehingga mendapat perhatian dari pemerintah, mengingat program pertanian dan peternakan biasanya melalui kelompok-kelompok.

Dari sekian program yang dihasilkan dalam Rakercab tersebut dalam waktu dekat akan difinalisasi dan akan ditetapkan mana yang akan masuk prioritan untuk dieksekusi mulai awal tahun ini (Program Jangka Pendek) dan program mana yang akan menjadi agenda jangka panjang.

Dalam kata akhirnya semua Pengurus Cabang NW Kecamatan Sikur, bersepakat untuk tidak menggarap program yang terlalu banyak, lebih baik program sedikit tapi dapat diwujudkan dalam karya yang nyata. Sehingga program PCNW Kecamatan Sikur terdiri dari Program Jangka Pendek dan Jangka Panjang.(Bul).    

BACA JUGA  Kapolsek Aikmel,Iptu I Made Sutama, Sosialisasi Inpres No.6 Tahun 2020.