Qurban di Pesantren Nahdlatul Wathan Jakarta Berjalan Dengan Baik

0
121
banner post atas

Qurban adalah salah satu budaya di Pesantren Nahdlatul Wathan Jakarta. Dapat dikatakan, hampir setiap tahun Pesantren tetap melaksanakan qurban bekerja sama dengan masyarakat.

Hari ini sabtu 1 agustus 2020 adalah hari yang kedua lebaran idul adha, Ponpes Nahdlatul Wathan Jakarta melaksanakan qurban (penyembelihan hewan qurban) di halaman madrasah.

Iklan

Sekitar 9 sapi dan 15 kambing hari ini telah diqurban oleh para jamaah Nahdlatul Wathan yang bekerja sama dengan para asatidaz, alumni dan dibantu oleh para santri yang mukim di Pesantren.

Menurut keterangan dari subkhi salah satu panitia qurban, bahwa jumlah seluruh hewan qurban sebenarnya adalah 29, terdiri dari 18 kambing dan 11 sapi. Akan tetapi dari 18 kambing tersebut dipotong 15 ekor, dan tiga ekor lainnya akan diqurban besok di pesantren NW cabang gabus-bekasi. Dan sapi yang jumlahnya 11 ekor, dipotong 9 ekor, sisanya yang dua ekor akan di bawa ke Pesantren NW Gabus- Bekasi.

Puluhan jamaah menuju madrasah Nahdlatul Wathan membawa alat perlengkapan berupa pisau dan golok untuk ikut berpartisipasi dalam memotong hewan qurban.

Dari jam setengah tujuh, para panitia qurban sudah mulai kelihatan berkumpul dilapangan madrasah, bersiap-siap untuk memotong hewan qurban.

Oh ya, sebelum pemotongan dimulai, terlebih dahulu dibuka dengan acara doa bersama membaca shalat Nahdlatain yang dipimpin oleh ketua panitia.

Acara qurban hari ini terhitung lancar dan berjalan dengan baik. Dimulai dari pukul setengah tujuh sampai sekitar pukul 16:10 menit.

Adapun Qurban tahun ini terhitung berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu dari sisi pelaksanaan dan pendistribusian. Dari sisi pelaksanaan qurban, pada tahun ini para panitia diharuskan memakai masker karena mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Dari segi pendistribusian, pada tahun lalu masyarakat yang mengambil sendiri jatah qurbannya ke madrasah, dan pada tahun ini panitia yang mengantarkan daging qurban ke rumah masyrakat. Fath