Prof H Agustitin: MENYAMBUT DAN MEMAKNAI DATANGNYA PUASA ROMADON PADA SEPULUH HARI TERAKHIR

Prof H Agustitin: MENYAMBUT DAN MEMAKNAI DATANGNYA PUASA ROMADON PADA SEPULUH HARI TERAKHIR

 

Rasulullah SAW ketika memasuki sepuluh hari terakhir Ramadhan, Beliau mengencangkan ikat pinggang, menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya.

Hampir seluruh ulama membagi bulan Ramadhan menjadi tiga fase yaitu:
a. fase sepuluh hari pertama Ramadhan sebagai
b. fase rahmat, sepuluh hari pertengahan adalah
c. fase maghfirah dan sepuluh hari terakhir adalah pembebasan dari api neraka (itqum Minannar).

Mencermatii hadis di atas dapat disimpulkan bahwa Rasulullah memberi perhatian khusus di masa 10 hari terakhir Ramadhan ini. Beliau memaksimalkan segala bentuk ibadah dan amalan saleh

Saat ini Perjalanan puasa kita sudah hampir memasuki 10 hari ketiga. Marilah kiita evaluasi nilai ibadah kita 10 hari pertama dan 10 hari dua puasa sebelumnya memasuki 10 hari ke tiga agar puasa kits lebih baik dan berkwalitas, serta
tetap istiqomah giat menjalankan ibadah yang wajib maupun yang sunah.

Mari kita Perbanyak ibadah melalui amalan-amalan baik mulai shalat wajib, sunat, baca Alquran, sodakoh dan yang lainnya. Semakin baik amalan kita, harapan kitsagar mendapatkan hasil yang maksimal dan pahala yang berlipat ganda.

Secara ilmiah maupun kewajiban banyak hikmah puasa Ramadan yang kita lewati, terkadang dilupakan. Namun, dengan informasi yang didapat setidaknya kita akan lebih giat dan rajin dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah.

Berikut Doa 10 hari ke-3 puasa Ramadan:

‘Allâhummarzuqnî fîhidz dzihna wattanbîh, wa bâ’idnî fîhi minas safâhati wattamwîh, waj’allî nashîban min kulli khyarin tunzilu fîhi, bijûdika yâ Ajwadal ajwadîn

“Ya Allah! Mohon berikanlah aku rizki akal dan kewaspadaan. Dan jauhkanlah aku dari kebodohan dan kesesatan. Anugerahkanlah kepadaku bagian dari segala kebaikan yang engkau turunkan, atas kemurahan-MU,.

Keutamaan Puasa 10 Hari Ketiga puasa Ramadhan adalah Allah SWT memberi kepada orang yang berpuasa taman permata yang indah di surga Firdaus, di atasnya dua belas ribu rumah dari cahaya. 

Allah akan membangunkan rumah di surga bagi orang yang berpuasa dengan kesungguhan dan dilengkapi dengan amal ibadah lainnya seperti membaca Al Qur’an, sedekah, shalat sunnah, dan sebagainya.

Rangkaian ibadah di bulan puasa harus dijalankan oleh siapa saja yang memang bersungguh sungguh dalam menjalankan ibadah puasa 
Ramadan dan berniat untuk mendapatkan keberkahan serta kebaikan yang lebih dari Allah.

Karenanys, upayakan dan biasakan diri sendiri untuk melakukan amalan lain baik wajib maupun sunnah di bulan Ramadan agar mendapat pahala sempurna sebagai cara membuat hati ikhlas dan tenang.

Puasa wajib ramadhan adalah puasa dengan hukum wajib ‘ain yang harus dilakukan oleh setiap orang islam beriman di bulan ramadan yang telah dewasa (akil balig), waras, mampu, merdeka dan tidak dalam safar sesuai dengan perintah langsung dari Allah SWT dalam firmanNya di dalam Kita Suci Al-Qur’an. Puasa merupakan ibadah wajib yang ada dalam rukun islam dengan menahan lapar dan haus serta hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbit fajar di timur hingga terbenam matahari di barat. Orang yang melanggar aturan puasa akan batal puasanya dan wajib mengganti puasanya dengan hari lain.

Firman Allah Mengenai Puasa Ramadhan :
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa”
(Q.S. Al-Baqarah: 183)

“(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”
(Q.S. Al-Baqarah: 184).

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur`an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kalian hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagi kalian, dan tidak menghendaki kesukaran bagi kalian. Dan hendaklah kalian mencukupkan bilangannya dan hendaklah kalian mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepada kalian, supaya kalian bersyukur.”
(Q.S. Al-Baqarah: 185)

Fungsi / tujuan puasa selama satu bulan penuh di bulan suci ramadhan adalah sangat baik, yaitu untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Tuhan yang menciptakan kita Allah SWT. Di samping itu juga terdapat banyak sekali guna dan manfaat dari melaksanakan puasa ramadhan yaitu baik untuk jasmani maupun rohani.

Sedangkan Manfaat dan Hikmah Puasa Ramadhan :
Membuat kita lebih taqwa kepada Allah SWT. Mendapatkan pahala yang melimpah ruah. Memberikan efek yang menyehatkan tubuh kita dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit.Melatih kita untuk menahan nafsu bejat selama hidup di dunia fana.

Mendorong kita untuk selalu berbuat kebajikan.Bisa memasukkan kita ke dalam surga jika kita telah mati.

Melatih sabar, pengendalian diri, disiplin, jujur, emosi, dll. Mempersempit jalan aliran darah di mana setan berlalu-lalang.

Mempererat tali silaturahmi dengan sahur dan buka puasa bersama. Menghilangkan dosa di antara manusia dengan saling maaf-memaafkan di hari lebaran idul fitri kembali ke fitrah manusia.

Keutamaan Puasa Ramadhan :
Orang yang berpuasa ramadhan bisa masuk ke dalam surga ar-raiyan, Puasa bisa menjadi penebus dosa, Orang yang berpuasa akan mendapatkan kegembiraan, Puasa adalah penangkal.,Mendapatkan ganjaran dari Allah tanpa hitungan., Bagi orang yang sedang melakukan puasa bagi Allah SWT wanginya lebih wangi dari bau kesturi, dan tadarusn Al-qurannya memberikan syafaat baik bagi yang.

 

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA