POTRET PONPES NW JAKARTA “LAHIR ATAS DUKUNGAN MAULANA SYAIKH” : Oleh H. Muslihan Habib

banner post atas

Suatu hal yang tidak boleh terlupakan dalam mengupas sejarah awal berdirinya pesantren Nahdlatul Wathan Jakarta ini adalah dukungan kuat yang datang dari Pendiri NWDI, NBDI dan Nahdlatul Wathan (NW), yakni Guru besar kami, al-`Allamah al-`Arifu Billah Maulana Syaikh Tuan Guru kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid al-Masyhur atau yang kerap dipanggil Maulana Syaikh oleh murud dan jama`ah Nahdhiyyin. Keberadaan dan peranan beliau dalam memberikan motivasi, baik secara materi ataupun immateri adalah sangat dirasakan sekali oleh pendiri dan pimpinan pesantren ini, Ust.H.M Suhaidi khususnya dan teman-teman seperjuangan.

Dan disamping itu pula, memang bagi Maulana Syaikh sendiri sepertinya memiliki obsesi atau ambisi yang sangat besar dalam mengembangkan pesantren ini, karena beliau sangat memahami bahwa pesantren ini berada di Ibu Kota negara yang merupakan sentral informasi, sentral ekomomi, sosial dan politik di Indonesia. Dan bagi beliau, mungkin saja sudah membaca dan melihat bagaimana urgensinya Nahdlatul Wathan sebagai organisasi untuk bisa eksis di mata nasional dan internasional pada masa-masa yang akan datang. Sehingga, beliau pun pernah berkata; ”Saya ingin Nahdlatul Wathan Jakarta itu sebagai kiblat Nahdlatul Wathan”.

Maulana Syaikh yang disebut sebagai aulia Allah Subhanahu wa ta`ala dan ulama besar yang selalu konsisten dan memiliki cita-cita serta idealisme yang tinggi dalam perjuangan menegakkan kalimat Allah Subhaanahu wa ta`ala di muka bumi ini melalui basis organisasi Nahdlatul Wathan (NW) yang didirikannya adalah suatu hal yang mesti selalu dikenang dan dihayati oleh segenap Nahdliyin dan umat Islam umumnya untuk membangun motivasi perjuangan yang terkadang sering luntur di era globalisasi ini. Sebagai suatu gambaran cita-cita dan idealismenya yang tinggi Maulana Syaikh itu adalah potongan kalimat yang telah tertuangkan dalam kitab Hizib Nahdlatul Wathan yang mengatakan ” Wansyur liwa`a nahdlatil wathan fil `lamin” ( Ya Allah, sebarkanlah panji-panji Nahdlatul Wathan itu ke seluruh penjuru dunia).

Iklan
BACA JUGA  Silaturrahmi KETUA UMUM HIMMAWATI NW Terpilih

Selain itu, sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, bahwa untuk pondok pesantren Nahdlatul Wathan ini tidaklah sebuah pesantren yang hanya fokus terhadap aspek pendidikan saja, tapi juga focus dan berperan aktif dalam aspek social dan dakwah Islamiyah. Sehingga, keberadaan dan kehadiran pesantren ini di tengah-tengah masyarakat adalah cukup efektif untuk berperan sebagai perekat hubungan dan pengayom masyarakat, baik pada tingkatan lokal, regional dan bahkan tingkat nasional.