PERINGATAN ISRA’ MI’RAJ TPA AT-TAWWABIN NW BEKASI BERLANGSUNG KHIDMAT

banner post atas

Setiap tahun peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW senantiasa diperingati oleh umat Islam Indonesia khususnya. Namun tahun ini nampaknya tidak terlaksana dengan meriah dan merata di seluruh tempat, akibat ganasnya virus corona menyerang bangsa Indonesia sejak awal Maret lalu. Walau demikian peringatan Isra Mi’raj ini tetap dilaksanakan dibeberapa tempat yang dipandang aman dari virus ini, diantatanya di TPA At-Tawwabin NW Bekasi yang dilaksanakan sangat sederhana dan dalam jumlah terbatas.

Bagaimanapun keadaan dunia ini, dengan berbagai macam ujian yang ada, jangan sampai melupakan peringatan yang sangat bersejarah bagi seluruh umat Islam, yaitu Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Iklan

Isra’ Mi’raj secara terminologi menurut sebuah karya, “The Story of Prophet Muhammad Night Journey” adalah dua perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa’ dengan menaiki hewan Buraq di Yerussalem pada tanggal 27 Rajab.

Pada hari Senin, 20 April 2020 ba’da magrib TPA At Tawwabin NW Bekasi di Masjid At-Tawabin, Perum. VGH 2 Blok A, Sriamur, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, melaksanakan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Walaupun sebenarnya pelaksanaanya seharusnya tanggal 27 Rajab, tetapi karena berbagai pertimbangan dan kendala akhirnya bisa terlaksana diakhir bulan Sya’ban ini.

Acara ini diawali dengan doa pembuka dengan membaca shalawat Nahdhatain dipimpin langsung oleh MC. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba mewarnai dan pidato sekaligus pembagian hadiah. Lomba ini telah dilaksanakan tanggal 29 April dalam rangka menyambut dan memeriahkan Isra Mi’raj tahun 1441 H.

Lomba pidato pemenangnya adalah :

1. Kautsar Januar Al Wanto juara I
2. Irdhianto Roghibin juara II
3. Cintania Noviasepti juara III
4. Yunika Rahma juara harapan

BACA JUGA  Hadist Hari Ini Ahad 15 Robiul Awwal 1442

Lomba mewarnai pemenangnya adalah :

1. Khayla Almyra juara I
2. Safarina Aulia Nurfarida juara II
3. Fatin Atha Azhar juara III
4. Fakhira Syakila juara harapan

Selanjutnya taushiyah yang disampaikan oleh peraih juara I lomba pidato yaitu Kautsar Januar Alwanto.

Dalam taushiyahnya, Kautsar panggilan akrabnya dengan penuh semangat dan berapi-api menyampaikan bahwa, Isra mi’raj nabi Muhammad SAW adalah perjalanan yang luar biasa menembus langit ke tujuh hingga tempat tertinggi di Sidratul Muntaha. Peristiwa ini bukanlah fiksi ataupun dongeng, melainkan kisah nyata yang merupakan bagian dari kekuasaan Allah SWT, sebagaimana yang disebutkan dalam surat Al Isra’ ayat 1.

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Artinya: “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Inti dari Isra Mi’raj ini adalah untuk menerima kewajiban mendirikan shalat fardhu lima waktu sehari semalam. Diakhir taushiyahnya Kautsar mengajak agar meningkatkan kualitas ibadah shalat demi meraih hidup bahagia, selamat dan masuk surga.

Sebelum acara ini ditutup dengan doa pusaka, Umi Fakhrunnisa selaku kepala TPA At Tawwabin NW Bekasi berharap agar tetap istiqamah membaca Al Qur’an terutama pada waktu bulan suci Ramadhan, melaksanakan ibadah shalat tepat waktu dan menjaga akhalak mulia dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga TPA At-Tawwabin NW Bekasi tetap eksis dan sukses mencetak generasi Qur’ani menuju kejayaan Islam. (Al Majidi)

Bekasi, 29 Sya’ban 1441 H/22 April 2020 M

BACA JUGA  DOA HARI INI Sabtu 29 Agustus 2020