PENJELASAN 100 KARAKTER NW SEJATI 9. INGAT SELALU WASIAT Karya : Abu Akrom

banner post atas

NW sejati ingat selalu
Akan wasiat sang maha guru
Syaikh Zainuddin ahlinya ilmu
Pada wasiat pengalaman baru

Sampai kapanpun orang yang memiliki karekter NW sejati selalu ingat dalam hati sanubari, dan sedikitpun tidak akan pernah lupa semua wasiat yang telah disampaikan oleh guru besar kita, Al Allamah Maulana Syaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Wasiat-wasiat itu telah disampaikan secara langsung ketika beliau masih hidup dan juga disampaikan dalam bentuk karya tulis yang sudah dibukukan dalam “Wasiat Renungan Masa Pengalaman Baru”.

Bila kita mau membaca
Seluruh wasiat dengan seksama
Banyak pelajaran sangat berharga
Untuk kebaikan kita bersama

Iklan

Bila kita mau meluangkan waktu di tengah-tengah kesibukan kita, untuk selalu membaca dengan teliti dan seksama seluruh wasiat Maulana Syaikh, maka kita akan mendapatkan banyak sekali pelajaran yang sangat berharga yang berkaitan dengan kehidupan dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Semua pelajaran tersebut dikemas dalam seni syair yang sangat indah mencerahkan qalbu dan mencerdaskan akal. Semua wasiat tersebut beliau sampaikan untuk kebaikan hidup kita dari dunia sampai akhirat nanti. Kalau kita mengabaikan wasiat tersebut sama dengan membiarkan diri kita terjerumus dalam berbagai macam keburukan yang menimpa, karena wasiat tersebut dibuat sesuai dengan konsep ajaran Al Quran, Hadits, Ijma’ dan Qiyas.

Diantara wasiat maulana
Sumpah dan baiat terus dijaga
Jangan sampai disia-sia
Agar selamat dan bahagia

Diantara wasiat Maulana Syaikh adalah menjaga dengan setia sumpah dan baiat yang pernah diikrarkan dalam moment-moment tertentu, seperti pada acara pelepasan/wisuda berakhirnya kewajiban menuntut ilmu di sekolah, ma’had dan perguruan tinggi yang ada di NW.

Semua itu dilakukan agar perjalanan hidup kita di muka bumi ini mendapatkan keselamatan lahir dan batin demi meraih hidup bahagia dari dunia hingga ke surga.

BACA JUGA  Kenangan Indah Ustadz Insan Mokoginta

Selanjutnya wasiat maulana
Bersatu padu untuk selamanya
Kompak utuh bekerja sama
Jangan terpecah sungguh bahaya

Wasiat Maulana Syaikh yang sering disampaikan dalam berbagai acara yaitu untuk selalu bersatu dalam keadaan apapun. Jaga kekompakan dan bangun kerjasama yang solid. jangan sampai berpecah belah dan bercerai berai gara-gara beda pendapat. Bagi beliau bersatu itu adalah kata kunci untuk merawat dan menjaga NW ini agar tetap jaya sepanjang masa. Perlu diketahui sesungguhnya perintah bersatu adalah amanah Allah dalam Al Quran surat Ali Imran 3:103, maka haram hukumnya kita sebagai sesama muslim untuk berbecah belah.

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا ۚ وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا

Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara.

Selanjutnya wasiat maulana
NW dibela sepanjang masa
Dikembangkan se Nusantara
Dari Sumatera sampai Papua

Inilah diantara wasiat Maulana Syaikh yang sangat penting yaitu mengembangkan NW di seluruh Indonesia. Ini tergambar dari doa Ishlahul Ummah yang beliau ajarkan kepada kita yaitu “wansyur liwa a nahdhatil wathan fil’alamin”. Hendaknya NW ini menyebar secara merata khususnya di penjuru tanah air, dari Sumatera sampai papua atau dari Sabang sampai Merauke.

Sekarang ini kader-kader NW khususnya NW Jakarta dibawah pimpinan Drs. TGKH. Muhammad Suhaidi, SQ, terus bergerak menyebarkan NW dengan membuka pondok pesantren, pendidikan formal, panti asuhan dan majlis ta’lim tidak hanya di wilayah Jakarta, juga mengembangkan NW di wilayah Bekasi, Bogor, Depok dan sekitarnya.

BACA JUGA  Maqâmat al-Sâlik li al-Wushȗl Ila al-Khâliq (Ringkasan Kitab Minhâj al-‘Abidîn Ilâ Jannati Rabbil ‘Alamîn) Karya Hujjatul Islam Imam al-Ghazali Oleh: Dr. Haji Harapandi Dahri

Apalagi dengan adanya media online Sinar5New.com, suara NW terus disyiarkan keseluruh penjuru Indonesia dan dunia. Menyebabkan NW ini semakin dikenal oleh masyarakat luas. Maka mari kita dukung dan kita besarkan NW ini melalui media SinarLIMA yang didirikan langsung oleh Maulana Syaikh sendiri pada tahun 1994.

Bekasi, 22 Jumadil Akhir 1441 H/16 Februari 2020 M