PELATIHAN MENULIS BERITA

banner post atas

Hari ini Sabtu, 16 November 2019, media Sinar5News.com mengadakan kegiatan pelatihan cara menulis berita yang benar, menarik, berbobot dan berkualitas yang diikuti oleh 20 orang peserta dari SMP dan SMA NW Jakarta, dimulai pukul 13.00 – 15.30 WIB di ruang Laboratorium Komputer lantai dua Gedung SMA NW Jakarta.

Dalam pelatihan menulis berita ini yang menjadi nara sumber adalah Mohammad Noor, SH, MH, salah seorang wartawan senior media Sinar5News.com. Dalam kesehariannya beliau bertugas di Mahkamah Agung RI dan menjadi penulis yang sangat produktif khususnya yang berkaitan dengan hukum.

Dalam pelatiahn ini, Mohammad Noor banyak memberikan teori bagaimana menulis berita yang tepat, akurat dan dapat dipertanggung jawabkan, sehingga banyak yang tertarik untuk membacanya.

Diantara pelatihan yang disampaikan yaitu lead berita. Menurut pemahaman jurnalistik, teras berita adalah paragraf pertama yang memuat fakta/informasi terpenting dari keseluruhan uraian berita. Ada empat syarat, yakni:

Pertama, atraktif. Harus mampu untuk membangkitkan perhatian pembaca. Lebih banyak menyentuh sisi psikologis pembacanya.

Kedua, introduktif. Menjadi pengantar pokok persoalan yang dikupas dengan tegas dan jelas.

Ketiga, korelatif. Kalimat di lead menjadi pembuka jalan bagi paragraf selanjutnya.

Keempat, kredibilitas. Secara akademis/intelektual akan memperlihatkan tingkat pengetahuan, keahlian dan pengalaman yang dimiliki seorang jurnalis.

Setelah dijelaskan secara gambling mengenai teori-teori diatas, ke 20 peserta pelatihan langsung praktik menulis berita dengan judul yang berbeda-beda. Ada yang menulis tentang kriminal, olah raga, Pendidikan, seni dan lain sebagainya.

Setelah selesai praktik menulis berita, semua peserta memperlihatkan hasilnya kepada nara sumber. Satu demi satu Mohammad Noor memberikan masukan dan koreksi yang positif, sehingga menjadi tulisan yang layak diberitakan.

BACA JUGA  Kapolda NTB Silaturrahmi Ke Ketum PBNW, Mohon Doa dan Dukungan

Para peserta dengan semangat dan penuh antusias mengikuti pelatihan ini dan berharap dapat menjadi penulis berita yang handal suatu saat nanti.

Di akhir pertemuan Mohammad Noor memberikan banyak motivasi agar terus belajar menulis, karena menulis itu bagian dari hal yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas diri dan sangat bermanfaat bagi orang lain. Ada satu pribahasa Yunnai yang disampaikan yaitu, “Verba vollen, scripta manen”, artinya. “ucapan orang bisa hilang tapi tulisan tetap permanen (tidak akan hilang) selama-lamanya”. (Amr)

Jakarta, 18 Rabiul Awal 1441 H/16 November 2019 M