MUTIARA HIKMAH (16) EMPAT TINGKATAN ILMU YANG WAJIB DIKETAHUI Oleh : Abu Akrom

MUTIARA HIKMAH (16) EMPAT TINGKATAN ILMU YANG WAJIB DIKETAHUI Oleh : Abu Akrom

Berbicara tentang ilmu khususnya ilmu Islam, sungguh sangat luas dan sempurna. Sangat jarang manusia di muka bumi ini mengetahui keluasan dan kesempurnaan ilmu Islam kecuali beberapa orang saja yang diizinkan oleh Allah, seperti para Nabi dan para wali yang menjadi kekasih Allah.

Karena demikian luas dan sempurnanya ilmu Islam, maka para ahli mencoba mengklasifikasi menjadi 4 tingkatan. Ini dilakukan bertujuan untuk melihat gambaran secara umum keluasan dan kesempurnaan ilmu Islam.

Yang pertama ilmu syariat. Ilmu syariat adalah mencakup ilmu-ilmu yang bersifat lahiriah seperti ilmu shalat, puasa, zakat, haji, sadaqah atau ilmu-ilmu yang berkaitan dengan muamalah.

Ilmu ini mesti dipahami dengan benar melalui akal sehat kita dengan mengetahui rukun dan syaratnya, sehingga pelaksanaan dalam pengamalannya menjadi baik dan benar. Tetapi ilmu syariat saja tidak cukup mesti ada ilmu selanjutnya.

Ilmu selanjutnya yang kedua adalah ilmu thariqat. Thariqat artinya jalan untuk mencapai kedekatan kepada Allah. Thariqat itu berbentuk dzikir-dzikir yang mengetuk pintu hati agar makin dekat kepada Allah, sehingga muncul rasa cinta, rindu, sayang, patuh, pasrah sepasrah-pasrahnya kepada Allah. Bahkan orang yang tingkat thariqatnya sudah mapan, tidak ada waktu yang sia-sia. Lisan dan hatinya selalu berdzikir menyebut nama Allah. Sungguh, alangkah damai dan nikmatnya suasana batin bagi mereka yang istiqomah berthariqat kepada Allah.

Orang yang hanya menguasai ilmu syariat tanpa dilengkapi thariqat, hati terasa hampa. Besar kemungkinan ilmu syariat yang dijalankan masih ada unsur riya’ (pamer), sombong dan berbangga-bangga dengan ilmu yang dimiliki.

Yang ketiga adalah ilmu hakekat (haqiqat) adalah ilmu yang memahami secara mendalam tentang hakekat diwajibkan menjalankan syariat agama Allah. Tetapi ilmu hakekat ini tidak akan pernah di dapatkan kalau hatinya tidak rajin berthariqat. Karena sejatinya ilmu thariqat itu bertujuan membersihkan semua sampah-sampah dosa yang mengotori hati.

BACA JUGA  HIKMAH PAGI TANDA TANDA KEBESARAN ALLAH PADA NYAMUK
BACA JUGA  Bersyukur anda menjadi warga Nahdlatul Wathan

Bisa jadi orang yang sedikit mengetahui ilmu syariat, tetapi sudah mencapai tingkat hakekat karena bersihnya hati orang tersebut, sehingga hidupnya penuh dengan aura ketaqwaan yang melahirkan kesalihan.

Ilmu hakekat itu ada pada tarikan nafasnya. Setiap nafas yang keluar menambah rasa syukur yang mendalam kepada Allah. Dari rasa syukur, akan muncul kesadaran yang melahirkan hakekat dari segala sesuatu, sehingga akan selalu berbuat dengan hati-hati, teliti dan penuh tanggung jawab.

Ilmu yang keempat adalah ilmu ma’rifat. Ilmu ma’rifat adalah ilmu yang mengenal Allah secara menyeluruh pada setiap anggota tubuh dari ujung kaki sampai ujung rambut lahir batin dengan segala sifat yang indah dalam asmaul husna. Ilmu ma’rifat adalah ilmu yang paling tinggi, dimana untuk meraihnya membutuhkan proses riyadhah (latihan) yang sangat berat dan panjang. Untuk mencapai ilmu ma’rifat mesti mengetahui dan mengamalkan ilmu syariat (ilmu yang berkaitan dengan halal, haram, wajib, sunnah, makruh, mubah). Mengetahui dan mengamalkan ilmu thariqat (ilmu yang berkaitan dengan pembersih hati). Mengetahui dan mengamalkan ilmu hakekat (ilmu yang berkaitan dengan hakekat dan hikmah segala sesuatu yang ada pada ilmu syariat dan thariqat).

Untuk mencapai keempat ilmu tersebut mesti ada guru yang ahli yang selalu menuntun, membimbing, mengajarkan, mengoreksi secara intensif. Jangan sampai ada iblis dan setan yang merusak sistem keempat tingkat ilmu tersebut. Sehingga benar-benar berada pada koridor ilmu Islam yang sesuai dengan konsep Al Quran dan hadis.

Demikian uraian mutiara hikmah hari ini, kepada cerdik pandai mohon saran dan kritiknya jika dalam tulisan ini ada hal-hal yang kurang tepat.

Bekasi, 27 Rajab 1441 H/22 Maret 2020 M

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA