MUTIARA HIKMAH (14) MEMAKNAI HURUF ABJAD Oleh : Marolah Abu Akrom 

MUTIARA HIKMAH (14) MEMAKNAI HURUF ABJAD Oleh : Marolah Abu Akrom 

Kalau kita mau merenungi segala apapun yang ada di alam semesta ini, maka kita pasti mendapatkan i’tibar (pembelajaran) yang banyak dan sangat berharga dalam kehidupan di dunia. Semua itu bisa diperoleh melalui proses berpikir yang mendalam dan dilakukan dengan kontinu. Ternyata apapun yang ada di alam ini tidak ada yang sia-sia, semua mengandung manfaat bagi kehidupan manusia. Hal ini dijelaskan dalam Al Quran surat Ali Imran ayat 191:

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya : “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.

Menurut ayat tersebut untuk mengetahui dengan sempurna hikmah dan makna terhadap segala apapun betapapun remehnya, hendaknya didahului dengan berzkir kepada Allah sebanyak-banyaknya dalam semua keadaan yang ada. Setelah berzikir, pikiran kita arahkan untuk memikirkan hal-hal yang bersifat ilmu dalam penciptaan langit dan bumi beserta isinya. Maka kita akan mendapatkan hikmah dan makna yang yang terkandung di dalamnya.

Diantara hal penting yang mengandung hikmah dan makna adalah huruf abjad dari A – Z yang selama ini sudah kita hafal sejak kecil sebelum masuk sekolah. Menurut penulis, makna-makna setiap huruf tersebut berkaitan dengan keutamaan membaca dan memahami Al Quran.

BACA JUGA  SYAIR INSPIRATIF (33) ALLAH MAHA MELIHAT, AL BAQARAH 2:110 Oleh : Abu Akrom

Inilah makna-makna setiap huruf yang berhasil penulis ungkap sebagai salah satu khazanah ilmu yang layak kita pelajari:

A langkah
B ahagia diri kita
C obalah
D engar betapa
E naknya
F irman Allah
G unakan
H atimu merenunginya
I nilah
J alan petunjuk menuju
K ehidupan yang
L urus
M enggapai
N ikmat abadi dan menjadi
O bat untuk mengobati
P enyakit rohani & jasmani karena
Q uran mukjizat
R asulullah SAW dan
S enantiasa
T epat
U ntuk mewujudkan
V isi kedepan
W alaupun banyak rintangan
Y ang pasti
Z ikrullah menjadi penguatnya

BACA JUGA  MUTIARA HIKMAH (20) SINAR5NEWS.COM MEDIA KEBANGGAAN UMAT Oleh : Abu Akrom

Setelah kita mengetahui makna-makna dari setiap huruf tersebut, semoga dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari menuju insan yang Qurani. Aamiin.

Jakarta, 8 Rajab 1441 H/3 Maret 2020 M

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA