MENGENAL DUA SOSOK CUCU MAULANA SYAIKH RTGB DAN TGB Oleh : Abu Akrom

banner post atas

Berbicara mengenai cucu Maulana Syaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid tokoh terkemuka di NTB dan mendapat anugrah sebagai pahlawan nasional atas jasanya yang besar dalam menumpas kebiadaban penjajah Belanda dan Jepang.

Diantara sekian banyak cucu Maulana Syaikh, ada dua cucu beliau yang sangat alim dan melegenda di NTB yaitu RTGB KH. Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani, M.Pd.I dan TGB Dr. KH. Muhammad Zainul Majdi, MA.

Kedua tokoh ini merupakan embrio dari Maulana Syaikh, dimana dalam kiprah perjuangannya memiliki kualitas dan integritas yang sangat tinggi untuk membangun umat yang maju dan mandiri dalam semua sektor kehidupan.

Iklan

Lihatlah pencapaian-pencapaian yang menakjubkan. RTGB KH. M. Zainuddin Atsani, M.Pd.I misalnya dengan penampilan yang sejuk, cerdas, bersahaja dan berwibawa telah berhasil membangun Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin yang megah dan modern di Anjani. Beliau tiada mengenal lelah selalu berkomunikasi dan memonitor seluruh gerakan perjuangan Islam melalui organisasi Nahdlatul Wathan. Atas keberhasilannya mengayomi umat di NTB, banyak para pejabat pusat termasuk Presiden RI Ir. H. Joko Widodo berkunjung ke ponpes beliau. Belum lagi ulama-ulama lokal maupun mancanegara kerap kali berkunjung kesana. Sungguh ini prestasi yang sangat membanggakan dari seorang cucu kenamaan Maulana Syaikh.

Selanjutnya TGB Dr. KH. M. Zainul Majdi, MA, tidak mau kalah bahkan berkat karomah kakeknya, beliau ditakdirkan oleh Allah menjadi Gubernur NTB dua priode, subhanallah pantastis. Inilah sejarah pertama NTB memiliki gubernur dari kalangan santri. Prestasinya tidak terhitung banyaknya. Wilayah dakwahnya menembus batas tidak hanya di NTB juga keliling Indonesia semua propinsi. Bahkan tembus ke luar negeri seperti Korea, Amerika, Inggris, Timur Tengah dan lain-lain. Namanya begitu akrab dengan nama TGB dan sering tampil dalam dialog di TV nasional maupun internasional, subhanallah.

BACA JUGA  MPLS di Jabar Dilakukan Secara Online

Itulah diantara karomah dari kewalian kakeknya kepada dua cucu beliau yang sangat melegenda dan spektakuler. Kalau boleh kita misalkan RTGB itu adalah matahari dan TGB itu bulan atau sebaliknya. Cahanya begitu terang menerangi hati umat, sehingga umat benar-benar mencintai beliau. Dimana ada RTGB dan TGB disitu ada umat yang selalu menyertai. Kedatangannya dinantikan dan kepergiannya dirindukan.

Sungguh beruntung mereka berdua dijadikan Allah sebagai tokoh ulama sebagai panutan khususnya di bumi NTB. Dan sungguh beruntung kita sebagai pengikut setia selalu mengikuti dan mematuhi nasehat dan bimbingannya.

Karena terbatasnya ruang dalam renungan ini, hanya inilah sekilas tentang sosok RTGB dan TGB yang sangat melegenda itu. Apa yang penulis sampaikan belum apa-apanya tentang kedua tokoh muda yang fenomenal itu, ini baru kulit luarnya saja. In sya Allah dilain waktu kita bisa membahas lebih luas dan lebih mendalam lagi tentang beliau berdua, agar menjadi panutan yang utuh bagi umat NTB khususnya dan umat Indonesia umumnya.

Kita berharap dan berdoa kepada Allah Subhanahu Wata’ala, semoga kedua cucu Maulana Syaikh yang terbaik ini dalam waktu dekat segera dapat bersatu secara lahir dan batin, demi kejayaan, kebaikan dan kemakmuran NW pada masa yang akan datang, sehingga NW makin solid adanya. Aamiin.

Bekasi, 8 Shafar 1441 H/7 Oktober 2019 M