Mendikbud RI Nadiem Anwar Makarim Membuka Kongres IGI III di Bandung

banner post atas

Kongres Ikatan Guru Indonesia (IGI) III berlangsung di Bandung, 28 – 31 Januari 2021 yang diselenggarakn secara Virtual yang dihadiri oleh sekitar 1000 pengurus daerah, wilayah dan pengurus pusat dari seluruh Indonesia. Bertempat di Tikomdik, Disdik Provinsi Jawa Barat, Mendikbud RI, Nadiem Anwar Makarim membuka secara resmi kegiatan tersebut secara virtual.

Dalam arahannya sebelum membuka kongres, Mendikbud mengingatkan bagaimana peran penting IGI dalam meningkatkan kompetensi guru di Indonesia. “IGI telah berkontribusi besar dalam rangka membantu pemerintah meningkatkan kompetensi guru di seluruh Indonesia. Dalam data di kemdikbud, banyak sekali guru anggota IGI yang berhasil lolos dalam program guru penggerak. Ini membuktikan bahwa guru IGI memiliki komitmen untuk terus meningkatkan kompetensi untuk Pendidikan yang lebih baik”. Kata Mendikbud melalui saluran Zoom meeting, Kamis 28 Januari 2021.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil dalam sambutannya yang dibacakan oleh sekretaris Disdik Provinsi Jawa Barat mengharapkan agar IGI ke depan terus berkiprah dan konstributif untuk Pendidikan, sehingga dapat berperan lebih dalam meningkatkan kualitas guru untuk mengejar ketinggalan dengan negara-negara lain. “Untuk menghadirkan sosok guru yang inovatif dan inspiratif dibutuhkan kolaborasi dan sinergi dari berbagai pihak, salah satunya dari organisasi guru”. Menurutnya, IGI berperan untuk mewujudkan hal tersebut. “Saya yakin dan percaya dengan komitmen, kebersamaan, dan sinergi yang kuat, kita dapat menggali potensi diri untuk menjadi pribadi (guru) yang tangguh di segala situasi,” ujarnya.

Iklan

Sementara itu, Ketua Umum IGI, Muhammad Ramli Rahim menegaskan, IGI berperan penting dalam meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan dan sertifikasi guru yang dilaksanakan secara mandiri. Selain itu, pihaknya pun telah melakukan penguatan konsolidasi kepada seluruh anggota IGI di seluruh Indonesia untuk terus membantu program pemerintah dalam bentuk pelatihan – pelatihan guru secara terus menerus. “Tidak ada hari yang terlewatkan di IGI, karena setiap hari selalu ada program kegiatan peningkatan guru, baik yang dilakukan secara tatap muka (offline) maupun virtual (daring)”, pungkasnya.

BACA JUGA  SDI NW JKT terpilih mengikuti Pelatihan K13 terbatas dari Erlangga