Masyarakat Desa Mengkuru Keluhkan BST Pusat Yang Tak Kunjung Cair

Masyarakat Desa Mengkuru Keluhkan BST Pusat Yang Tak Kunjung Cair

Sinar5news.com – Lotim – Masyarakat desa mengkuru kecamatan sakra barat keluhkan santunan dampak Covid-19 atau Bantuan Sosial Tunai (BST) kemensos yang tak kunjung ada kabarnya dan informasinya akan diberikan langsung oleh Kemensos melalui Kantor Pos. Tapi sampai saat ini belum ada kejelasannya. Demikian disampaikan salah seorang Masyarakat Desa Mengkuru Pathul Aripin kepada awak media. Sabtu (16/05/2020).

Di Desa Mengkuru misalnya, data yang dikeluarkan Dinas Sosial Kabupaten Lombok timur sejak april lalu sebanyak 153 KK yang akan mendapatkan bantuan tersebut. Tapi pencairan tahap pertama kemaren hanya 7 KK yang sudah bisa mencairkan ke kantor pos.

Sementara itu masyarakat menunggu kepastian dari dinas sosial terkait bantuan tersebut karna mereka tidak pernah dapat bantuan jenis apapun sementara masyarakat yang lain sudah mendapatkan baik itu sembako provinsi, sembako daerah, dan BLT Desa. Tambahnya
Aparatur desa mengaku sejak awal tidak mengetahui maupun dilibatkan tentang pendataan warganya oleh pihak Dinas Sosial, hanya menerima barang jadi dari dinas sosial bulan april lalu. Mereka hanya menunggu informasi kapan waktu pencairan atas nama masyarakatnya yang sudah terdata.

Sementara itu Sekdes Desa Mengkuru Abdul Muiz, S. Pd saat di temui wartawan dikediamannya mengatakan ada 153 KK yang diusulkan untuk BLT Kementerian Sosial RI dari Desa mengkuru.

“Sejak pencairan tahap pertam dari 153 KK yang diusulkan hanya 7 KK yang sudah menerima bantuan itu sementara program itu kan akan diberikan pemerintah pusat selama tiga bulan, tapi ini sudah mau masuk pencairan tahap kedua” Ungkapnya.

Ditempat terpisah Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lombok Timur, H.Ahmad,S.Km,MM kepada Sinar5news.com mengatakan. BLT Kementerian social yang sudah dikirim kepusat sebanyak 82.326 KK dan tinggal menunggu pencairan secara bertahap.

BACA JUGA  Tanaman Holtikultura Bantu Ketahanan Pangan Warga Montong Gading Di Era Covid-19.
BACA JUGA  Vaksinasi Kembali Digelar di Polres Lobar, Ratusan Tokoh Agama Ambil Bagian

“ Jadi pencairan BLT Kementerian social ini berjumlah 82.326 KK untuk Kabupaten Lombok timur, dan ini jumlah paling besar dari 10 kabupaten Kota yang ada di NTB. dan pencairannya secara bertahap, kemaren pada tahap I sudah cair 9.000 KK, Tahap Ke II ini cair 21.000 KK, dan Tahap Ke III belum keluar. Artinya masih 52.000 KK yang belum cair. Untuk itu saya berharap kepada masyarakat yang sudah masuk datanya di BLT Pusat agar bersabar.

Pasti akan dibayar. Seandainya mereka akan menerima pada Bulan juni maka mereka akan dapat bayaran 3 bulan sesuai ketentuan pembayaran yakni April,Mei,Juni, jadi tidak usah khawatir,” Pungkas Ahmad.(Bul)

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA