Kwarcab Kota Mataram Gelar Karya Bakti Pramuka, Sasar 3 Titik Rawan di Kota Mataram

Kwarcab Kota Mataram Gelar Karya Bakti Pramuka, Sasar 3 Titik Rawan di Kota Mataram

Sinar5news.com – Mataram – Sesuai juknis surat edaran Kwartir Nasional gerakan pramuka tentang Karya Bakti Pramuka pada Hari Raya Idul Fitri 2024 M/1445 H mengisyaratkan kepada seluruh kwartir daerah hingga kwartir cabang untuk bergerak bersama berkolaborasi dengan intansi terkait untuk melaksanakan pengabdian dalam Lebaran tahun 1445 H.

Menindaklanjuti surat edaran tersebut, pada Karya Bakti Lebaran (KBL) kali ini Kwarcab Kota Mataram menurunkan 40 pasukan yang terdiri dari anggota saka bhayangkara, saka wira kartika, saka bahari dan saka wanabakti.

Pada kegiatan kali ini para peserta KBL akan ikut mengamankan jalannya lalu lintas di 3 titik POS pengamanan lebaran di Kota Mataram, yakni pos simpang 3 Ampenan, Pos Simpang 4 Karang Bangkong dan simpang 4 Cakranegara.

Pasukan KBL Pramuka Kota Mataram bersama anggota Brimob Polda NTB di sela-sela melaksanakan tugas pengamanan lalu lintas di Kota Mataram

Tidak hanya membantu pihak kepolisian dalam pengaturan lalu lintas, para peserta juga akan membantu pengaturan Shaf Shalat Idul Fitri di berbagai Masjid yang ada di Kota Mataram. Serta rangkaian ini akan ditutup dengan pengamanan Area Wisata ketika Lebaran ketupat yang terfokus di Taman Wisata Loang Balok dan Makam Bintaro.

Waka Binawasa Kwarcab Kota Mataram Ridwan pada upacara pelepasan peserta berpesan agar peserta KBL ikhlas dan sungguh-sungguh dalam pengabdian kepada masyarakat sesuai nilai yang terkandung dalam dasa dharma pramuka.
“Butuh keikhlasan dan nilai sukarela untuk mengabdikan diri demi kepentingan orang banyak, itulah nilai Pramuka sesungguhnya”, ujar Ridwan.

Ia juga mengapresiasi kepada seluruh elemen yang telah membantu mensukseskan kegiatan KBL tahun 2024 tersebut. “Semoga apa yang di lakukan dihitung sebagai rangkaian ibadah di bulan yang suci ini, dan di balas dengan sesuatu yang baik oleh Allah SWT”, ucapnya.

Suasana pengamanan lalu lintas di salah satu jalur lalu lintas di kota Mataram oleh anggota pramuka kota Mataram.

Sementara itu Waka Humas Kwarcab Kota Mataram Mulhakim menuturkan bahwa Karya Bakti Lebaran merupakan program wajib yg di canangkan oleh kwartir cabang gerakan pramuka kota mataram, dimana dalam tataran implementasinya bukan hanya ikut serta mengatur lalu lintas di jalan raya namun juga membagikan paket berbuka puasa dan paket lebaran untuk para pakir miskin di beberapa titik kota mataram.

“Tujuan pokok dari kegiatan ini adalah menerapkan simbul dari dharma pramuka ke-2 yakni cinta alam dan kasih sayang sesama manusia dan dalam eksistensi diri pramuka dapat dirasakan kebermanfaatanya oleh masyarakat luas wabil khusus warga kota mataram”, ungkap Mulhakim.

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA