KHUTBAH JUMAT EDISI, 5 JUNI 2020 KEKUATAN DOA SETELAH BULAN RAMADHAN

KHUTBAH JUMAT EDISI, 5 JUNI 2020 KEKUATAN DOA SETELAH BULAN RAMADHAN

بِسْمِ اللهِ وَبـِحَمْدِهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ وَكَفٰى ، وَسَلاَمٌ عَلٰى عِبَادِهِ الَّذِيْنَ اصْطَفٰى. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلا ّاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ.

اَللهُمّ صَلِّ وَسَلّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن اَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَ اللهِ, اُوْصِيْكُمْ وَاَيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فىِ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

اَللّٰهُمَّ اَصْلِحْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَفَرِّجْ عَنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَارْحَمْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَانْشُرْ وَاحْفَظْ نـَهْضَةَ الْوَطَنِ فِى الْعَالَمِيْنَ بِحَقِّ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. اَمَّا بَعْدُ.

Kaum muslimin sidang jumat yang berbahagia, rahimakullah.

Puji dan syukur Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah Robbul’izzati, pada kesempatan Jumat ini kita dapat melaksanakan kewajiban kita sebagai seorang muslim yaitu shalat Jumat secara berjamaah di masjid yang kita cintai ini. Shalawat dan salam marilah kita sampaikan kepada uswatun hasanah kita yaitu baginda nabi besar Muhammad SAW. Juga kepada segenap keluarga dan sahabatnya, semoga kelak di hari kiyamat, kita semua yang hadir di masjid ini mendapatkan syafaat dari beliau. Aamiin yaa Robbal ‘aalimiin.

Mengawali khutbah singkat pada kesempatan ini, sebagaimana biasa khatib berwasiat kepada diri saya dan kepada seluruh jamaah, marilah kita senantiasa bertaqwa kepada Allah dengan sebenar-benar taqwa yaitu melaksanakan semua perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Kaum muslimin sidang jamaah jumat yang berbahagia, rahimakullah.

Masalah hidup di dunia tidak ada habis-habisnya. Ada yang bermasalah karena sakit, hutang mencekik, pekerjaan susah, rumah tangga yang berantakan, komunukasi tidak lancar dan lain sebagainya. Semua kita menginginkan masalah apapun yang menimpa dapat segera selesai dengan tuntas. Ternyata dalam faktanya tidak semua masalah bisa diselesaikan, karena kita adalah makhluk yang lemah dan terbatas.
Kita membutuhkan kekuatan super untuk menyelesaikan semua masalah berat yang menimpa. Tentu bagi orang beriman yang memiliki tingkat tauhid yang mapan, sedikitpun tidak pernah menyerah. Setelah melakukan berbagai ikhtiar kemudian hasilnya mentok, barulah dia berdoa kepada Allah penuh khusyu’ dan tawaddhu’ memohon petunjuk dan jalan keluar untuk mengatasi masalahnya.

Itulah yang disebut kekuatan power yaitu kekuatan dari segala kekuatan ada pada doa. Semua agama mengajarkan berbagai macam doa untuk keselamatan, kejayaan dan kesuksesan dalam segala hal. Dalam segala tugas, keadaan dan situasi yang bagaimanapun tetap disertai doa. Coba lihat ajaran Islam dalam seluruh rangkaian ibadah selalu ada doa. Tujuannya agar ibadah yang kita lakukan sempurna pahalanya, sempurna manfaatnya dan sempurna keberkahannya.

Pantaslah junjungan kita Nabi Muhammad SAW bersabda,

الدُّعَاءُ مُخُّ الْعِبَادَةِ

“Doa itu otaknya ibadah” (HR Attirmidzi). Ibadah tanpa doa, niscaya ibadah itu cacat tidak bermakna. Seperti badan kita, walaupun badan kita kekar dan gagah perkasa jika tidak ada otak/kepala, maka badan itu tidak berguna sama sekali.

Ada satu hadits lagi yang secara logika seakan tidak ada korelasi yaitu “addu’au silahul mu’min artinya doa itu senjatanya seorang mu’min” (HR Al Hakim). Bagaimana kok doa dijadikan sebagai sebuah senjata. Ya itulah kekuatan doa, bila Allah mengabulkan permohonan hamba-Nya, kekuatan apapun yang akan menghancurkan kehidupan seseorang tidak akan pernah terjadi. Bahkan doa mampu merubah taqdir Allah dari taqdir yang buruk menjadi taqdir yang baik. Maka bagi siapapun diantara kita yang nasib hidupnya masih banyak mengalami kesulitan, cobalah terus berdoa dengan khusyu penuh pengharapan, in sya Allah apapun yang kita inginkan akan diijabah oleh Allah pada waktunya yang tepat. Demikian firman Allah dalam surat Ghafir ayat 60:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“Dan Tuhan kalian berfirman, ‘Berdo’alah kalian kepada-Ku niscaya akan Aku kabulkan bagi kalian.’ Sesungguhnya, orang-orang yang sombong dari beribadah kepada-Ku, akan masuk neraka dalam keadaan hina dina” (QS. Ghafir: 60).

Semoga seluruh doa kita selama ini adalah doa terbaik yang diijabah oleh Allah ta’ala. Lebih-lebih 13 hari yang lalu kita telah berhasil melaksanakan ibadah puasa bulan Ramadhan, tentu banyak sekali doa yang telah kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Diantaranya doa yang sangat popular dan terus kita baca berulang-ulang terutama sehabis shalat tarawih yaitu;

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَسْاَلُكَ رَضَاكَ وَالـْجَنَّةَ وَنَعُوْذُبِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارِ

Dalam doa tersebut berisi memohon agar Allah menganugrahkan kepada kita dimasukkan kedalam surga dengan ridha-Nya dan memohon perlindungan dari adzab neraka. Sungguh doa ini sangat tinggi nilainya dan inilah cita-cita tertinggi yang menjadi tujuan dan harapan kita sebagai kaum muslimin. Dimana dengan puasa yang kita lakukan selama satu bulan kemarin dengan segala ujian yang berat dapat membentuk kepribadian kita menjadi pribadi yang bertaqwa demi tercapainya ridha Allah dengan dimasukkan kita kedalam surga-Nya. Aamiin.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ, وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ, وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ.

KHUTBAH KEDUA

اَلْحَمْدُ ِللهِ حَمْدًا كَثِيْرًا كَمَا اَمَرَ. اَشْهَدُ اَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ اِرْغَامًا لِمَنْ جَحَدَ وَ كَفَرَ. وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ وَ حَبِيْبُهُ وَ خَلِيْلُهُ سَيِّدُ الْإِنْسِ وَ الْبَشَرِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ وَ بَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اَلِهِ وَ اَصْحَابِهِ وَ سَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا.

اَمَّا بَعْدُ، فَيَا عِبَادَ الله اِتَّقُوْا الله وَ اعْلَمُوْا اَنَّ الله يُحِبُّ مَكَارِمَ الْأُمُوْرِ وَ يَكْرَهُ سَفَاسِفَهَا يُحِبُّ مِنْ عِبَادِهِ اَنْ يَّكُوْنُوْا فِى تَكْمِيْلِ اِسْلَامِهِ وَ اِيْمَانِهِ وَ اِنَّهُ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الْفَاسِقِيْنَ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ وَ بَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ وَ سَلَّمْتَ وَ بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَ عَلَى اَلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَ الْمُؤْمِنَاتِ وَ الْمُسْلِمِيْنَ وَ الْمُسْلِمَاتِ اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَ الْأَمْوَاتِ اِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعْوَاتِ وَ قَاضِيَ الْحَاجَاتِ. اَللَّهُمَّ رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَ هَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ. رَبَّنَا لَا تَجْعَلْ فِى قُلُوْبِنَا غِلًّا لِلَّذِيْنَ اَمَنُوْا رَبَّنَا اِنَّكَ رَؤُوْفٌ رَّحِيْمٌ. رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَ ذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَ اجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا. رَبَّنَا اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَ فِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَ قِنَا عَذَابَ النَّارِ.

عِبَادَ اللهِ, اِنَّ الله يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَ الْإِحْسَانِ وَ اِيْتَاءِ ذِى الْقُرْبَى وَ يَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَ الْمُنْكَرِ وَ الْبَغْىِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَّكَّرُوْنَ فَاذْكُرُوْا الله الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَ اشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَ لَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرُ وَاللهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ .

Bekasi,12 Ramadhan 1441 H/4 Juni 2020 M

Penulis : Marolah Abu Akrom

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA