Kejahatan selalu ada , Ini 5 Tips Menghindari Kejahatan saat di Jalanan.

banner post atas

Sinar5News.com – Jakarta — Setiap harinya tidak dapat dijaminkannya kejahatan tidak terjadi, terlebih lagi ditengah masa wabah virus seperti sekarang ini yang masih terbilang kejahatan dan tindak kriminal marak terjadi.

Terutama di Jalanan, dimana para pelaku tindak kejahatan terus bersiaga diluar sana untuk terus mencari korban. Seperti halnya penjambretan/pencopetan,penipuan, ataupun pelecehan seksual sering kali terjadi
di jalan, dan kita bisa saja jadi korbannya.

Nah, maka dari itu ada lima tips praktis dan mudah nih yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kejahatan dijalanan. Khususnya bagi para pejalan kaki atau pun buat kamu yang sering berpergian naik transportasi umum. Yuk kita simak tipsnya !

Iklan

Berikut tips yang bisa kita lakukan :

  1. Usahakan tidak pergi sendirian.

Jika kamu ingin berpergian ke tempat jauh ataupun kamu belum tau pasti alamatnya, usahakan untuk mengajak teman, kerabat ataupun orang yang kamu kenal karena jika kamu berpergian sendirian akan beresiko besar kamu menjadi korban.

Apalagi kalau nantinya kamu bingung mencari alamat yang kamu tuju, kamu bisa jadi sasaran empuk tindak kejahatan.

  1. Carilah Tempat Ramai.

Saat kamu berjalan kaki menuju arah pulang atau sedang dalam perjalanan yang ingin kamu tuju, usahakan mencari tempat yang ramai dan terang.

Jangan mengambil resiko dengan mengambil jalur terdekat dengan tujuan tetapi dalam keadaan sepi akan orang. Carilah jalur yang aman meski harus jauh dilalui tetapi bisa memastikan keselamatan kamu.

  1. Jangan Gunakan perhiasan atau barang yang bernilai mahal.

Nah, yang satu ini mungkin beberapa udah pada tau, khususnya para wanita nih. Jangan menggunakan perhiasan yang berlebihan karena itu memancing tindak kejahatan seseorang terhadap kamu. Bukan hanya perhiasan, handphone juga termasuk benda yang terbilang cukup mahal saat ini. Jangan dikeluarkan kalau kamu ga bener-bener dalam keadaan membutuhkan.

Usahakan selalu tampil sederhana dan hindari sikap pamer agar tidak memancing tindakan yang tidak diinginkan demi keamanan kamu sendiri.

  1. Selalu waspada dengan keadaan Sekitar.

Nah, untuk yang ini merupakan cara yang sangat sederhana untuk dilakukan untuk menghindari kejahatan. Dengan waspada dapat berkemungkinan besar kita terhindar dari hal-hal yang dapat mengancam diri kamu.

Ketika naik transportasi umum misalnya, ushakan untuk tidak tertidur karena itu bisa menjadi peluang kamu menjadi sasaran tindak kejahatan, Apalagi kalau malam hari.

Bukan hanya itu,ketika kamu bermain gadget usahakan kamu tidak terfokus hanya pada layar gadget kamu. Usahakan tetap fokus pada jalanan dan keadaan sekitar.

Jika kamu juga sedang mendengarkan lagu, usahakan atur volume dengan tingkat sedang saja supaya kamu bisa ikut mendengar keadaan sekitar yang sedang terjadi.

  1. Tidak Mudah Percaya dengan orang yang Baru dikenal.

Kita tentu harus selalu waspada dengan orang yang belum kita kenal atau terlihat asing .

Jangan mau jika kamu diajak pergi bersamanya atau ia menawarkan untuk pulang bareng dan juga menawarkan makanan. Karena kita belum kenal betul latar belakang orang tersebut terlebih lagi mengingat sekarang banyak aksi tindak kejahatan melalui modus seperti itu.

Kemungkinan besar kita akan mengalami sesuatu yang tidak diinginkan. Maka dari itu cobalah untuk terus waspada jika kamu belum mengenali sekali orang tersebut karena kita tidak bisa menilainya dari sisi luarnya saja.

Nah, itu dia lima tips yang kita bisa terapkan atau lakukan dalam kehidupan sehari-hari ketika sedang melakukan aktivitas di luar rumah.

Semoga bermanfaat ya, dan semoga kamu terhindar dari tindak kejahatan yang terus mengintai.

(SDK)