Kapan Harus Minta Maaf ??

banner post atas

Sinar5Ngulik – Permintaan “maaf” ketika kita melakukan kesalahan merupakan hal yang benar, kadang dalam setiap permasalahan atau dalam beberapa kondisi maaf dapat menjadi kunci atau pintu keluar sebagai media penyelesaiaan.

Permintaan maaf memang bagus tapi meskipun begitu, kata ini tetap harus digunakan pada tempatnya. Seorang psikoterapis Beverly Engel dalam bukunya “The Power of an Apology” menjelaskan bahwa meminta maaf berlebihan akan mengirimkan interpretasi yang salah pada orang lain.

“Anda mungkin menampilkan diri sebagai orang yang baik dan peduli, tetapi Anda sebenarnya mengirim pesan bahwa Anda kurang percaya diri dan tidak efektif,” tulis Engel.

Iklan

Dalam beberapa kasus juga terdapat permasalahan yang tidak dapat diselesaikan hanya dengan sebuah permintaan maaf, kadang beberapa orang menuntut lebih dari sekedar permintaan maaf seperti pertanggung jawaban misalnya.

Lalu kapan seharusnya kita meminta maaf dan bagaimana cara terbaik untuk meminta maaf?

Meminta maaf merupakan tindakan atau upaya untuk memperbaiki hubungan dengan orang lain. Jadi waktu terabaik untuk menggunakan kata ini adalah ketika kita merasa harus menggunakannya, pada dasarnya kita sendirilah yang mengetahui serumit apa keadaan yang kita alami.

Ketika kita sudah mengetahui kapan harus menggunakan kata maaf maka selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menghilangkan gengsi, setiap orang cenderung memilih membenarkan egonya masing-masing. Meskipun tau bahwa diri kita salah kadang kita gengsi untuk mengakuinya.

Permintaan maaf bukanlah suatu yang harus dipelajari tapi yang seharusnya menjadi sebuah pelajaran adalah bagaimana kita memaafkan tanpa harus ada imbalan karena dengan memaafkan berarti kita menunjukan kemuliaan.

BACA JUGA  Prof Agustitin: MEM'ANAI KEHIDUPAN