Kades Muksin,S.PdI : Dorong Kelompok Tani Berinovasi Membangun Desa Darmasari.

0
68
Foto : Kades Muksin Bersama Pejabat BNI dan DNA.
banner post atas

Sinar5news.Com – Lombok Timur – Kepala Desa Darmasari, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur,Nusa Tenggara Barat(NTB). Muksin,S.Pd.I bersama BNI dan Datu Nusra Agrobisnis(DNA) melakukan sosialisasi program penanaman Jagung yang akan dibiayai dari program Kredit Usaha Rakyat(KUR), bertempat di Kantor Desa Darmasari. Selasa(15/09/2020).

Muksin menyambut baik upaya dari BNI dan DNA yang telah memilih Desa Darmasari sebagi tempat sosialisasi Penanaman Jagung yang akan didudukung oleh Bank Negara Indonesia melalui Program KUR yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat hingga Daerah. Terlebih masyarakat petani Desa Darmasari sudah memiliki pengalaman dalam penanaman jagung bahkan juga dalam bidang peternakan.

Iklan

“Pertanian punya konektifitas dengan peternakan,karena pertanian bisa berhasil karena didukung oleh peternakan begitu juga sebaliknya peternakan akan berhasil  karena didukung pertanian. Seperti kalau ternak itu sudah banyak maka kotorannya itu bisa jadi pupuk,” Ungkap Kades Darmasari Muksin.

Ia juga mendorong semua kelompok tani yang ada diwilayahnya untuk berinovasi dalam upaya memajukan kelompok tani yang sudah dibentuk, seperti dengan mencari terobosan untuk melakukan pendekatan kepada pejabat atau instansi yang memiliki program untuk kelompok tani.

“Silahkan Bapak ibu Pengurus kelompok tani untuk berinovasi dan berkreasi jangan hanya Desa saja mencari peluang atau lobi-lobi ke instansi yang ada program pertanian dan peternakannya. Tapi saya berharap Kelompok Tani harus lebih aktif untuk menangkap peluang program pemerintah karena cukup banyak peluang untuk Kelompok Tani atau Kelompok ternak untuk menjemput program tersebut,” Paparnya.

Ia juga menambahkan bahwa untuk program tahun 2020, sudah ada program pertanian yang sudah dikoordinasikan dengan Dinas Pertanian Kabupaten dan Provinsi NTB, tinggal bagaimana Kelompok Tani akan menyiapkan diri untuk mengambil program-program Pemerintah tersebut.

“Silahkan Bapak Ibu Kelopok Tani untuk melanjutkan hasil konsolidasi kami dengan Dinas Pertanian Kabupaten maupun Provinsi, disana ada sumur bor untuk irigasi pertanian dan ada juga program yang lainnya,” Imbuhnya.

Diakhir sambutannya Kepala Desa Darmasari Muksin,S.PdI menyampaikan barometer keberhasilan dari suatu Desa bukan karena keberhasilan membangun Kepala Desanya. Tetapi Desa yang berhasil adalah Desa dibangun secara bersama-sama  oleh perangkat Desa dengan seluruh masyarakat.

“Keberhasilan suatu Desa itu,bukan hanya Kepala Desa yang bergerak disitu,tetapi kita bersama-sama karena tanpa ada kebersamaan  kita semua tidak akan mungkin terwujud mimpi-mimpi kita untuk memajukan Desa Darmasari yang sama-sama kita cintai ini,” Pungkasnya.