Kades Darmasari Berjibaku Bangun Desa,Buka 11 Jalan Baru,Dan Bangun Puluhan MCK Di Era New Normal Nurut Tatanan Baru.

0
411
banner post atas

Sinar5news.com – Lombok Timur – Kepala Desa Darmasari, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat(NTB) Muksin,S.Pd.I, menjelaskan pihaknya terus berupaya untuk menjaga ketahanan pangan ditengah  pandemi covid-19 dan memasuki fase New Normal Life Nurut Tatanan Baru bagi masyarakatnya yang berjumlah 1.900 Kepala Keluarga.

Dalam kepemimpinannya Muksin, selalu mengedepankan musyawarah menuju kesepakatan dalam setiap kebijakan yang akan diterapkan, sehingga sampai saat ini roda pemerintahan Desa Darmasari berjalan dengan aman dan lancar, ditengah suasana penyaluran Dana Covid yang menimbulkan pro kontra ditengah masyarakat.

“Alhamdulillah penyaluran bantuan dana covid, baik yang BLT,BST,BPNT,PKH dan lainnya, kami disini berjalan aman, karena data yang kami miliki cukup valid sehingga penyalurannya tepat sasaran dan tidak ada yang tidak terakomodir sesuai dengan juklak dan juknis bantuan tersebut,” Ungkapnya. Senin (03/08/2020).

Iklan

Dan pada saat ini Pemerintahan Desa Darmasari sedang berjibaku untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat dengan melakukan pengembangan ternak Sapi yang diberikan kepada masyarakat, baik yang dalam bentuk pemeliharaan dikandang kolektif maupun yang langsung dipelihara dikandang-kandang masyarakat.

Potret Peternakan Sapi Desa Darmasari

“Kami saat ini sedang focus untuk menjaga kestabilan ekonomi dan ketahanan pangan masyarakat, ditengah pandemi Covid-19 ini, dengan memberikan bantuan puluhan ekor sapi yang dipelihara oleh masyarakat kami, dengan pola bagi hasil bersama BUMDes, karena modal untuk pengadaan sapi ini berasal dari BUMDes,” Terangnya.

Ia juga meambahkan kebaradaan dari BUMDes Desa Darmasari, sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, karena dalam pengembangan Dana BUMDes itu diarahkan untuk kegiatan simpan pinjam dan pengembangan ekonomi seperti Pertanian,Peternakan UKM dan IKM.

“BUMDes kami saat ini memiliki Asset Rp.600 juta lebih dan dana ini kami kembangkan melalui program simpan pinjam, terutama kepada masyarakat kami yang punya usaha dagang dan kerajinan. Disamping itu juga untuk pengembangan ekonomi masyarakat dalam bidang pertanian,peternakan,” Terang Muksin.

Sedangkan untuk bidang infrastruktur menurut Muksin selama menjabat sebagai Kepala Desa yang baru masuk tahun ketiga, pihaknya sudah dapat membuka 11jalan baru dan membangun puluhan MCK (Mandi Cuci Kakus) untuk kepentingan kesehatan masyarakat.

Potret MCK sedang dalam pembangunan

“Selama saya menjabat ini ada 11 jalan baru yang sudah kita buka, dan puluhan MCK yang sudah kita bangun untuk masyarakat,sehingga sampai saat ini hampir seluruh masyarakat kami sudah memiliki MCK sendiri, yang belum punya tinggal beberapa orang saja dan InsyaAllah tahun 2021 mendatang akan tuntas,” Pungkasnya.

 

(Bul)