Jelang Pilkada , Pihak KPU Indramayu Siapkan Protkes Demi Keamanan Bersama

banner post atas

Sinar5news.com – Indramayu – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan serentak akan segera tiba. Hal tersebut diketahui akan dilaksanakan pada bulan desember mendatang. Namun, ditengah masih terjadinya pandemi Covid-19 dapat dipastikan akan ada kekhawatiran dari masyarakat setempat.

Hal tersebut kemungkinan besar akan mengurangi tingkat pastisipasi masyarakat untuk melakukan pemilihan. Pasalnya masih ada dari sebagian besar masyarakat yang takut untuk berkumpul bersama pada satu titik, terlebih lagi harus datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dalam hal ini, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu mengaku sudah melakukan persiapan serius. Komisioner KPU Indramayu Divisi Teknis, H Fahmi Labib SE mengatakan, KPU sudah menyiapkan protokol kesehatan ketat untuk menyambut Pilkada 9 Desember yang tinggal 35 hari lagi.

“Kita tentunya akan berupaya untuk menghindari penyebaran Covid-19 dan terjadinya klaster baru pada Pilkada 2020 nanti. Kami tentu sudah melakukan persiapan serius,” ujar Fahmi.

Beberapa alat perlengkapan Protokol Kesehatan akan disiapkan di TPS. Seperti halnya tempat cuci tangan dan sabun, hand sanitizer, sarung tangan plastik untuk pemilih, dan sarung tangan medis untuk para KPPS. Kemudian masker, tempat sampah, face shield, alat pengukur suhu, disinfektan, alat tetes tinta, baju hazmat, dan ruang khusus bagi pemilih bersuhu 37,3 derajat celcius.

Melansir dari laman resmi radar Indramayu, Fahmi mengungkapkan, dalam Pasal 71 ayat (3) PKPU Nomor 6 Tahun 2020 disebutkan pemilih yang memiliki suhu tubuh 37,30 derajat celcius atau lebih ada perlakuan khusus.

Pemilih yang bersangkutan diarahkan ke tempat yang disediakan di luar TPS (bilik khusus)

“Pemilih yang bersangkutan mengisi daftar hadir yang diberikan oleh anggota KPPS, pemilih menerima surat suara dan sarung tangan satu kali pakai dari anggota KPPS,” tegasnya.

BACA JUGA  Dit Samapta Polda NTB Dan PMI Lobar, Lakukan Donor Darah Untuk Kemanusiaan

Tambahan Fahmi menjelaskan bahwa pemilih memberikan hak pilihnya dengan didampingi orang lain yang dipercaya pemilih atau dibantu anggota KPPS dan mengisi formulir pernyataan pendamping pemilih atau mengisi formulir model C pendamping-KWK.

 

“Untuk pencegahan dan pengendalian Covid 19, sebelum rapat pemungutan suara akan dilakukan penyemprotan,” ujarnya.

Bukan hanya itu, Komisioner KPU Indramayu Divisi Teknis, H Fahmi Labib SE juga mengajak masyarakat agar tidak takut untuk datang ke TPS untuk ikut serta berpartisipasi dalam Pilkada 2020 ini. Pasalnya disetiap TPS akan diterapkan sistem Protokol Kesehatan.

” Tidak usah takut datang ke TPS. Insya Allah aman,” Ungkapnya